Parapuan.co - Salah satu profesi yang bekerja berdampingan dengan jajaran eksekutif di sebuah perusahaan adalah menjadi personal assistant (PA).
Seorang personal assistant biasanya bekerja untuk pemimpin atau kepala eksekutif, sehingga secara tak langsung juga turut berperan dalam mendukung keputusan strategis.
Dilansir dari Indeed, seorang asisten pribadi merupakan bagian penting dari posisi eksekutif maupun pekerjaan profesional lainnya.
Sebagai seorang asisten, tugas utama seorang PA adalah untuk memastikan penjadwalan, pengorganisasian, dan perencanaan yang tepat.
Seorang asisten pribadi bertanggung jawab atas berbagai tugas administratif yang secara langsung mendukung kantor atau individu, dan bekerja dalam lingkungan bisnis maupun jarak jauh.
Asisten pribadi tak hanya bertanggung jawab terhadap tugas bisnis, namun juga tugas pribadi maupun tugas lain yang secara langsung mendukung orang tertentu.
Seorang personal assistant biasanya memiliki tugas berdasarkan arahan atau tugas dari atasan langsung.
Untuk Kawan Puan yang ingin menjadi seorang personal assistant, kamu perlu tahu apa saja yang menjadi tanggung jawab seorang PA.
Simak selengkapnya seperti dilansir PARAPUAN dari Indeed.
Baca Juga: Mengenal Profesi Personal Assistant, Mengurus Tugas Kantor hingga Individu
Cara Menjadi Personal Assistant
1. Mendapatkan Gelar Sarjana
Jika ingin serius menggeluti profesi ini, kamu disarankan untuk mengambil gelar Sarjana Administrasi Bisnis atau bidang terkait.
Kuliah di bidang ini akan mengajarkanmu beberapa soft skill maupun hard skill, seperti penganggaran dan manajemen kantor.
Kemampuan seperti ini akan mendukung karier Kawan Puan yang ingin menjadi seorang personal assistant.
2. Asah Keterampilan dan Pengalaman
Ada banyak keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang profesional di bidang ini.
Beberapa keterampilan terpenting seperti organisasi, keterampilan komunikasi, interpersonal, manajemen waktu, hingga fleksibilitas.
Selain itu kamu juga bisa memperbanyak pengalaman di bidang serupa, misalnya di bidang administratif.
Baca Juga: Cara Kreatif Mencari Info Lowongan Kerja Lewat Fitur TikTok Resumes
Dengan cara ini kamu jadi punya bekal yang cukup untuk menjadi seorang PA.
3. Ikut Kursus Online dan Sertifikasi
Ada beberapa kursus daring yang tersedia, yang memberi kesempatan belajar tentang karier ini dan keterampilan yang dibutuhkan.
Kamu juga bisa mendapatkan sertifikasi Certified Administrative Professional melalui International Association of Administrative Professionals, untuk membuat resume lebih menonjol dari orang lain.
Tugas Umum Personal Assistant
- Menyaring dan menjawab panggilan telepon dan menerima pesan untuk penerima
- Membuat dan mengawasi sistem perkantoran yang mencakup pengarsipan dan pengelolaan data
- Melakukan berbagai tugas dan tugas untuk atasan yang mungkin termasuk berbelanja, memesan bahan makanan, membersihkan dan menyiapkan makanan
Baca Juga: Manfaatkan Medsos, Ini Tips Content Marketing untuk Pebisnis Pemula
- Melakukan penelitian terkait dengan proyek atau kebutuhan atasan
- Menjadwalkan pertemuan dan janji temu untuk atasan
- Menanggapi email, surat, dan faks atas nama atasan
- Mengatur rencana perjalanan dan bepergian dengan atasan bila perlu untuk memberikan dukungan dan bantuan umum
- Mengawasi tugas akuntansi dan penganggaran untuk atasan, hingga menyiapkan laporan, brief, dan dokumen.
Jadi dengan tugas dan kualifikasi di atas, apakah kamu berminat menjadi seorang personal assistant, Kawan Puan?
Source | : | Indeed |
Penulis | : | Dinia Adrianjara |
Editor | : | Dinia Adrianjara |
KOMENTAR