Laporan Wartawan Grid.ID, Novita Nesti Saputri
Grid.ID - Akhir-akhir ini fans seringkali merayakan ulang tahun idol K-Pop favoritnya dengan memasang iklan ulang tahun di beberapa lokasi seperti stasiun kereta bawah tanah dan mall.
Bagi banyak fans K-Pop, space iklan ini menjadi hal yang menarik untuk merayakan ulang tahun idolnya.
Tapi sepertinya mereka tidak akan bisa lagi merayakan ulang tahun idol K-Pop favoritnya dengan cara seperti ini.
(BACA JUGA: Begini Ekspresi Gemas Salma Jihane Putri Dewanto saat Gendong Kucing)
Itu karena pemerintah Korea Selatan mengeluarkan larangan untuk hal ini.
Baru-baru ini Seoul Metro mengumumkan keputusannya untuk menghentikan apa yang disebut dengan 'Iklan Opini' di stasiun kereta bawah tanah mulai tahun depan.
Iklan opini yang dimaksud oleh Seoul Metro adalah iklan promosi apapun yang membagikan hal-hal berbau seksual, politik, agama, atau ideologi dari seseorang atau grup.
(BACA JUGA: Seorang Wanita Libanon Dipenjara 11 Tahun Setelah Menghina Orang Mesir)
Dilansir Grid.ID dari Koreaboo, iklan idol K-Pop juga akan menjadi hal yang dimaksud oleh Seoul Metro.
Seoul Metro mendapatkan sejumlah kritikan karena 'Iklan Opini' ini.
Selain itu, netizen juga mengkritik Seoul Metro karena mengizinkan beberapa iklan dan melarang beberapa iklan tertentu.
(BACA JUGA: Gaya Kompak Salmaa dan Salwaa Chetizsa, Si Kembar Putri Titi DJ yang Cantik dan Modis!)
Sebelumnya pernah ada kontroversi saat pendukung presiden Moon Jae In memasang iklan ucapan selamat ulang tahun untuk tokoh politik tersebut di stasiun kereta bawah tanah.
Sejumlah warga Korea menganggap hal ini tidak sesuai karena lokasi transportasi publik digunakan untuk kepentingan politik.
Selain itu, pernah ada juga iklan opini yang menggambarkan pemikiran tentang feminisme atau mempromosikan buku politik yang kontroversial dicopot dari pemasangan setelah muncul kontroversi di tengah masyarakat Korea.
(BACA JUGA: Miris, Hape Admin Disita Jadi Barbuk, Ahmad Dhani Belum Ganti)
Setelah mengeluarkan larangan untuk 'Iklan Opini', CEO Seoul Metro, Kim Tae Ho, menuliskan pernyataan melalui akun Facebooknya.
"Fungsi stasiun kereta bawah tanah adalah untuk menyediakan sarana transportasi yang nyaman untuk semua orang, bukan untuk memulai perdebatan dan kontroversi," tulis CEO Kim Tae Ho.
Dia juga menuliskan, "Tolong berhenti menyeret Seoul Metro ke dalam kontroversi.
Dengan ratusan ribu orang yang menggunakan metro, stasiun kereta bawah tanah bisa menjadi tempat yang cocok untuk membagikan pendapat seseorang atau grup.
(BACA JUGA: Bjorka Punya Cara Ampuh Menolak Ketika Disuruh Mandi, Totalitas dan Gemesin Banget!)
Stasiun itu sebaiknya tidak pernah digunakan untuk pemasaran suara.
Ada beberapa cara lain di mana opini seperti itu bisa diungkapkan.
Seoul Metro bekerja untuk meningkatkan stasiun kereta bawah tanah untuk semua masyarakat, dengan berubah dari iklan komersial menjadi iklan budaya."
Jadi, mulai sekarang, mungkin fans K-Pop bisa memikirkan cara lain untuk merayakan ulang tahun idol K-Pop favoritnya ya. (*)
Penulis | : | Novita Nesti Saputri |
Editor | : | Atikah Ishmah W |