Find Us On Social Media :

Waisak 2019: 6 Ritual Waisak yang Kerap Dilakukan Umat Buddha dan Jadi Tradisi Mendarah Daging

By Tata Lugas Nastiti, Rabu, 15 Mei 2019 | 13:17 WIB

Waisak 2019: 6 Ritual Waisak yang Kerap Dilakukan Umat Buddha dan Jadi Tradisi Mendarah Daging

Grid.ID - Perayaan Waisak 2019 tinggal menghitung hari dan masih banyak ritual Waisak yang harus dipersiapkan para umat Buddha dari jauh-jauh hari.

Ritual Waisak ini adalah salah satu tradisi para umat Buddha di dunia yang masih kerap dilakukan untuk menyambut Waisak 2019.

Seperti sudah menjadi tradisi yang mendarah daging, ritual Waisak ini ada yang bersifat wajib untuk dilakukan para umat Buddha dalam rangka menyambut Waisak 2019.

Baca Juga : Waisak 2019: Tak Lagi Berpusat di Borobudur, Perayaan Umat Buddha Kini Pindah ke Candi Muara Takus Riau, Begini Penjelasannya!

Berdasarkan kalender Masehi, Waisak 2019 akan jatuh pada tanggal 19 Mei 2019 mendatang.

Seperti yang kita ketahui, hari raya Waisak merupakan hari yang paling bersejarah bagi umat Buddha.

Umat Buddha akan memperingati tiga peristiwa penting di hari ini, yakni lahirnya Sidharta Gautama, tercapainya Sidharta Gautama pada tahap penerangan Agung hingga menjadi Buddha, dan hari di mana Buddha Gautama wafat.

Baca Juga : Waisak 2019: Mau Ikut Festival Lampion Waisak di Candi Borobudur? Catat Persyaratannya Agar Tak Ketinggalan!

Itulah sebab mengapa perayaan Waisak kerap kali disebut dengan perayaan Tri Suci Waisak.

Dalam merayakan hari penting ini, umat Buddha rupanya punya ritual tersendiri yang sudah menjadi tradisi yang mendarah daging.

Meski tak banyak yang masih menerapkan dengan lengkap, ritual Waisak ini adalah salah satu peninggalan budaya dan agama yang patut dilestarikan.

Baca Juga : Waisak 2019 : 3 Makna Penting Hari Raya Umat Buddha yang Identik dengan Bulan Purnama