Find Us On Social Media :

Viral Potensi Gempa 8,8 SR dan Tsunami 20 Meter di Pantai Selatan Jawa, Inilah Rumus 20-20-20 Imbauan BNPB untuk Menyelamatkan Diri

By Andika Thaselia, Senin, 22 Juli 2019 | 15:00 WIB

(ILUSTRASI TSUNAMI) Belum lama ini viral potensi gempa 8,8 SR dan tsunami 20 meter di Pantai Selatan Jawa. Untuk antisipasi, BNPB mengimbau penerapan rumus 20-20-20.

Grid.ID - Menanggapi viralnya potensi gempa 8,8 SR dan tsunami 20 meter di Pantai Selatan Jawa, BNPB pun menghimbau masyarakat mengenal rumus 20-20-20.

Rumus 20-20-20 dari BNPB ini sangat berguna ketika bencana datang, termasuk yang baru-baru ini viral yakni potensi gempa 8,8 SR dan tsunami 20 meter di Pantai Selatan Jawa.

Menurut BNPB, rumus 20-20-20 ini adalah kiat untuk menyelamatkan diri dari bencana, jikalau nanti bencana seperti potensi gempa 8,8 SR dan tsunami 20 meter di Pantai Selatan Jawa terjadi.

Baca Juga: Benarkan Kabar Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Pantai Selatan Jawa, BMKG: Masyarakat Tidak Perlu Cemas

Ya, beberapa waktu belakangan ini memang viral di media sosial soal gempa dan tsunami dahsyat yang berpotensi terjadi di Pantai Selatan Jawa.

Kabar tersebut ramai dibicarakan dan tentunya mengundang kekhawatiran masyarakat luas.

Bagaimana tidak, di sepanjang jalur Pantai Selatan Jawa terdapat berbagai kota dan banyak pemukiman masyarakat.

Baca Juga: Terjadi Saat Sasih Kasa, Gempa di Bali Justru Jadi Pertanda Baik Bagi Orang Bali!

Tak mau masyarakat termakan kabar bohong soal potensi gempa 8,8 SR dan tsunami 20 meter ini, BNPB pun akhirnya angkat bicara.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo menghimbau agar masyarakat tetap siaga dalam menghadapi potensi bencana ini.

Bukan soal membenarkan potensi gempa dan tsunami tersebut, namun mengingat Indonesia adalah negara yang rawan gempa, sudah sepatutnya masyarakat waspada sejak dini.

Baca Juga: KUMPULAN BERITA TERPOPULER: Kabar Gempa 8,8 SR Berpotensi Guncang Pantai Selatan Jawa, Hingga Janda 40 Tahun yang Digrebek Bersama Pemuda 17 Tahun di Kamar Hotel