Find Us On Social Media :

Penting Diketahui Orangtua, Vaksin Pneumonia Cegah Kematian Balita

By None, Kamis, 29 Agustus 2019 | 17:01 WIB

Grid.ID - Penyakit peneumonia atau radang paru merupakan satu dari dua penyebab utama kematian pada balita.

Dan Indonesia adalah negara menduduki peringkat ke 5 dunia kematian balita akibat pneumonia.

Dalam diskusi media, yang bertajuk “Menebar Aksi Melawan Pneumonia” yang diadakan oleh Jurnalis Sahabat Anak (JSA) yang bekerja sama dengan Unicef dan Pfizer di Hotel Kampi, Surabaya, Rabu (28/9) itu mencatat bahwa 15 persen dari angka kematian balita akibat pnemonia secara nasional diduduki oleh Jatim.

Baca Juga: Jauh-jauh ke Singapura untuk Vaksinasi Nastusha, Glenn Alinskie-Chelsea Olivia Beberkan 3 Alasannya!

Diskusi  tersebut menghadirkan pembicara : Dr. dr. Dominicus Husada, SpA(K), dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr.dr. Muhammad Attoillah Isfandiari, M.Kes, (pakar eipidomologi FKM Unair), Arie Rukmantara, (Kepala perwakilan Unicef pulau Jawa), serta dr. Kohar Hari Santoso, SpAn, KIC,KAP, (Kadinkes Jatim).

Dokter Atoillah, dalam paparannya menjelaskan data tahun 2016 kematian balita dunia akibat pneumonia sebanyak 16 persen dari 5,6 juta.

“Jadi, di tahun tersebut kalau di rata-rata per hari ada 2.400 balita di dunia ini meninggal akibat pneumonia,” kata dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga tersebut.

Padahal pneumonia sendiri bukanlah jenis penyakit tetapi sampai saat ini angka kematian yang disebabkan karena penyakit tersebut masih tinggi.

Pneumonia sudah ada sejak abad ke-4 SM kemudian oleh Hippocrates, yang merupakan bapak kedokteran dunia sekaligus dokter pertama yang mempelajari tentang penumonia.

Banyak variabel yang menjadi penyebab munculnya pneumonia pada balita.

Selain kurangnya vaksinasi, juga disebabkan terjadi kontak langsung antara penderita dengan balita, pemberian ASI yang kurang cukup, gizi yang kurang bagus, terpapar asap rokok, status sosial ekonomi, serta sirkulasi udatra dalam ruangan kurang bagus.

Sementara dr. Kohar, dalam penjelasannya mengungkapkan bahwa 74 persen kematian bayi di Jatim tersebut akibat pneumonia baru selebihynya menjadi penyebab kematian pada orang diatas usia 50 tahun.

Munculnya pneumonia lanjut Kohar, selain sanitasi yang kurang memadai juga tentang imunisasi. “Balita yang tidak diimunasai menjadi penyumbang terbesar kematian akibat pnemumonia,” paparnya.