Find Us On Social Media :

14 Tahun dalam Sejarah: Inilah Alasan Sebenarnya Pesawat Mandala Air Jatuh dan Tewaskan 149 Orang, Ternyata Bukan Karena Kargo Durian

By Arif Budhi Suryanto, Kamis, 5 September 2019 | 16:47 WIB

14 Tahun dalam Sejarah: Inilah Alasan Sebenarnya Pesawat Mandala Air Jatuh dan Tewaskan 149 Orang, Ternyata Bukan Karena Kargo Durian

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Hari ini, 5 September, tepat 14 tahun kejadian nahas yang menewaskan 149 orang terjadi di kota Medan, tepatnya di jalan Jamin Ginting, kawasan Padang Bulan.

Menurut berita harian Kompas, pada Senin pagi, 5 September 2005, Pesawat Mandala Air dengan nomor penerbangan RI-091 dengan tujuan Medan-Jakarta mengalami kecelakaan sesaat setelah lepas landas dari Bandara Polonia.

Pesawat jenis Boeing 737-200 tersebut gagal takeoff dari bandara Polonia Medan dan akhirnya jatuh.

Baca Juga: Lupakan Kejadian Mencekam di Pesawat, Fairuz A Rafiq Pamer Kemesraan di Korea Selatan Sambil Pakai Tas Harga Fantastis

"Awalnya terdengar deru keras pesawat. Hanya sesaat, tiba-tiba terdengar ledakan keras dari arah bandara," ujar salah satu warga yang berada di sekitar lokasi saat kejadian berlangsung.

"Belum sempat berpikir apa yang terjadi, saya melihat badan pesawat Mandala yang dibalut bunga api meluncur deras tak karuan dari arah landasan dan jatuh persis di sisi kanan jalur Jalan Jamin Ginting," paparnya.

Dia melanjutkan, serpihan pesawat itu beterbangan ke mana-mana disertai dengan bunga api.

Baca Juga: Cinta Pada Pandangan Pertama dengan Seorang Pramugari, Narji Nekat Tak Turun dari Pesawat Hingga Ditegur Pilot: Kayaknya Ini Calon Ibu dari Anak-anak Gue!

Akibatnya, warga di sekitar tempat kejadian pun turut menjadi korban.