Find Us On Social Media :

Tingkatkan Literasi Indonesia, PapeRun 2019 Salurkan Donasi Buku ke 60 Taman Baca

By Mia Della Vita, Selasa, 10 September 2019 | 20:08 WIB

PapeRun 2019 salurkan paket buku ke 60 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia

Laporan Wartawan Grid.ID, Mia Della Vita

Grid.ID - Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia masih perlu mendapatkan perhatian lebih.

Bagaimana tidak? Menurut hasil riset UNESCO (2012), minat baca Indonesia hanya sebesar 0,001 persen. Artinya, dari 1 ribu penduduk hanya ada 1 orang yang suka membaca.

Sementara itu, berdasarkan studi “Most Littered Nation In the World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University (2016), Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca.

Baca Juga: Kolaborasi Binar Academy dan Generali dalam Mewujudkan Edukasi Teknologi dan Literasi Keuangan

Sejumlah penggerak literasi di Indonesia melihat permasalahan minat baca di Indonesia itu terletak pada keterbatasan (jumlah dan jenis) bahan bacaan yang bisa diakses oleh masyarakat, terutama di daerah-daerah pelosok.

Oleh karena itu, Asia Pulp & Paper Indonesia (APP) Sinar Mas bersama Harian Kompas menggelar Charity Fun Run 5K bertajuk PapeRun 2019 dengan tagline “Berlari dan Berdonasi untuk Literasi”.

PapeRun merupakan sebuah event olahraga lari yang dipadukan dengan misi mulia untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Gandeng Gramedia Digital Nusantara, Telkomsel Hadirkan T-Perpus sebagai Solusi Digital Bagi Literasi di Indonesia

Seperti gelaran sebelumnya, PapeRun 2019 mengajak seluruh peserta lari untuk kembali berpartisipasi dalam upaya peningkatan literasi.

Gelaran event PapeRun 2019 menyediakan drop box untuk menampung sumbangan buku-buku dari peserta event lari untuk disumbangkan ke berbagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Tak hanya itu, seluruh biaya pendaftaran yang terkumpul dari peserta, yakni sejumlah Rp 300 juta, juga dialokasikan untuk peningkatan literasi.