Find Us On Social Media :

Hobi Minum Kopi saat Perut Kosong Berpotensi Membuat Tubuh Stres!

By None, Sabtu, 23 November 2019 | 09:59 WIB

Hobi Minum Kopi saat Perut Kosong Berpotensi Membuat Tubuh Stres!

Grid.ID – Minum kopi di pagi hari menjadi rutinitas yang dijalani sebagian orang.

Kafein yang ada pada kopi memang bisa membuat tubuh menjadi segar dan berenergi hingga siap melakukan aktivitas.

Tapi sebaiknya jangan sering minum kopi di pagi hari tanpa sarapan alias dalam perut kosong karena bisa membuat tubuh menjadi stres!

Baca Juga: Momen Haru Orang Tua yang Akhirnya Berhasil Bertemu dengan Anak Perempuannya yang 30 Tahun Lalu Hilang Diculik

Minuman berkafein ini diklaim memiliki berjuta manfaat, seperti mencegah kerusakan DNA, bahkan dapat menurunkan berat badan.

Namun, kita tidak bisa mengonsumsi kopi dengan sembarangan, alih-alih sehat yang kita dapatkan malahan efek buruk yang mampir ke tubuh kita.

“Minum kopi dengan perut kosong, atau pagi-pagi sekali sebelum sarapan, dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh Anda," ucap pakar kesehatan Dr Nikola Djordjevic.

Saat terbangun dari tidur, tubuh mulai melepaskan kortisol, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur respons kekebalan tubuh, metabolisme, dan respons stres.

Baca Juga: Masih Jadi Dokter di Umur 105 Tahun, Kakek ini Berikan 6 'Rahasia' Panjang Umurnya, Termasuk Kebiasaan Saat Kita Masih Kecil!

Jika kita tubuh mendapat asupan kafein ketika kortisol berada di puncaknya, kata Djordjevic, kita justru akan membuat tubuh semakin stres.

Dalam studi yang mengevaluasi preferensi minuman berkafein di kalangan mahasiswa kedokteran, hasil menunjukan 25 persen mahasiswa minum kopi di pagi hari dengan perut kosong.

Akibatnya, peserta riset berisiko mengalami peningkatan perubahan suasana hati dan kemungkinan dampak jangka panjang terhadap kesehatan mereka.