Find Us On Social Media :

Merdeka Belajar, Nadiem Makariem Hapus UN Per 2021, Diganti 4 Program Ini

By Arif Budhi Suryanto, Rabu, 11 Desember 2019 | 15:36 WIB

Merdeka Belajar, Nadiem Makariem Hapus UN per 2021, Diganti 4 Program Ini

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, resmi menghapus program UN per tahun 2021 yang akan digantikan oleh program Merdeka Belajar.

"Program tersebut meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi," ujar Nadiem seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Menurut Nadiem,4 program pokok kebijakan pendidikan tersebut akan menjadi arahan pembelajaran ke depannya sesuai dengan arahan Presiden dan Wakil Presiden dalam meningkatkan SDM.

Baca Juga: Dipercaya Terlibat dalam Drama Hari Anti Korupsi Sedunia dan Beradu Akting dengan Erick Thohir, Nadiem Makarim serta Wishnutama, Bedu : Ini Menjadi Salah Satu Best Momen Dalam Hidup Gue!

Lebih lanjut, saat ditemui di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019), Nadiem juga menjelaskan rincian keempat program itu.

Pertama

Program USBN yang mulai dilaksanakan pada 2021 itu akan diselenggarakan oleh masing-masing pihak sekolah.

Baca Juga: Beradu Akting dengan Erick Thohir, Nadiem Makarim dan Wishnutama dalam Drama Prestasi Anti Korupsi, Bedu Beberkan Aksi sang Menteri BUMN di Belakang Panggung

Dengan begini, menurut Nadiem, guru dan sekolah akan lebih leluasa dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa melalui tes tertulis ataupun tes lainnya yang lebih komprehensif.

Misalnya saja, portofolio dan penugasan, baik itu tugas kelompok, karya tulis ataupun sebagainya.

"Anggaran USBN sendiri dapat dialihkan untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah, guna meningkatkan kualitas pembelajaran," terang Nadiem.