Find Us On Social Media :

Gejala Baru Penyakit DBD, Ternyata Bukan Lagi Ditandai dengan Bintik Merah!

By None, Senin, 27 Januari 2020 | 20:16 WIB

Gejala Baru Penyakit DBD, Ternyata Bukan Lagi Ditandai dengan Bintik Merah!

Grid.ID – Nyamuk yang cepat berkembang biak di musim hujan membuat kita wajib waspada dengan penyakit demam berdarah dengue alias (DBD).

Salah satu caranya dengan memahami gejala penyakit DBD sejak dini sehingga bisa diobati sebelum parah.

Ada beberapa hal yang wajib kamu pahami soal gejala penyakit DBD yang ternyata tak lagi ditandai dengan binik merah pada kulit.

Kini DBD memiliki gejala baru.

Baca Juga: Perankan 'Nur' Dalam FIlm KKN fi Desa Penari Hingga Harus Syuting di Hutan Angker, Tissa Biani Ketempelan Makhluk Halus Setelah Syuting!

Menurut dr Hittoh Fattory SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balikpapan, saat ini gejala khas untuk demam berdarah tidak seperti dulu, tidak ada lagi bintik merah di kulit dan sebagainya.

"Itu tidak terlalu terlihat, dan tidak mesti keluar seperti itu," ungkap , dr Hittoh dilansir Grid.ID dari Tribun Kaltim, Senin (27/1/2020).

Jadi, kata dokter Kittoh menegaskan, gejala khas DBD tidak seperti dulu lagi, yang ditandai timbul bercak-bercak merah di tubuh, atau terjadi pendarahan kulit, atau biasanya pasien mengalami mimisan ditandai keluar darah dari lubang hidung.

"Sekarang tidak semua pasien mengalami gejala seperti itu. Jadi kalau demam panas harus sudah dicek dengan laboratorium, karena gejala demam berdarah salah satunya panas tinggi hingga 40 derajat, harus dilakukan observasi di rumah sakit," kata Hittoh.

Baca Juga: Keji! Kambing Betina Hamil ini Mati Setelah Diperkosa 8 Pria, Perilaku Seks Menyimpang yang Melibatkan Hewan Bisa Terjadi Sejak Kecil

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan hal serupa.