Find Us On Social Media :

Simak Cerita Najwa Shihab Perihal Bahaya dari Stigma Masyarakat terhadap Pasien Berstatus ODP Corona

By Rissa Indrasty, Sabtu, 4 April 2020 | 20:22 WIB

Najwa Shihab

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Presenter yang tengah menggalakkan isu terkait virus corona covid-19, Najwa Shihab, mengungkapkan banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat terkait situasi pandemi corona.

Salah satunya adalah pandangan buruk masyarakat mengenai pasien yang terinfeksi virus corona atau covid-19.

"Tantangan yang bikin gue miris soal stigma di mana-mana".

"Stigma terhadap pasien yang positif," ungkap Najwa Shihab saat dipantau Grid.ID melalui Talk Show Live Stream Fest di aplikasi video, Sabtu (4/4/2020).

Baca Juga: Jawaban Najwa Shihab Ketika Ditanya Sampai Kapan Situasi karena Virus Corona Berlanjut

Najwa Shihab menceritakan kisah seseorang yang masih dalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang disudutkan dan ingin disingkirkan oleh masyarakat.

Biasanya, ODP adalah orang yang belum bisa dipastikan terinfeksi corona atau tidak, atau orang tersebut baru saja berpergian dari zona merah virus corona.

Di samping itu, ODP adalah orang yang sempat kontak langsung dengan orang yang dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga: Kembali Lihat Hal Mencurigakan dari Yasonna Laoly yang Berusaha Bebaskan Napi Koruptor, Najwa Shihab: Kalau Ada Kebijakan yang Aneh-aneh, Tetap Harus Bersuara!  

"Ada cerita kemarin ada pasien ODP datang ke rumah sakit dengan nangis-nangis, minta surat keterangan bahwa dia nggak kena covid-19".

"Dokter cerita, pasien itu bilang 'Karena saya diusir dari kontrakan saya, Dok. Kata yang punya kontrakan, saya bisa meresahkan masyarakat karena bisa nularin penyakit. Yang punya kontrakan sampai bilang kalau saya tidak mau keluar kontrakan, tunggu sampai warga datang menggerebek rumah dan mengusir. Suami saya pun diancam mau dipecat dari pekerjaannya'," cerita Najwa Shihab.