Find Us On Social Media :

Jadi Momok yang Menghantui Warga Jabodetabek, Inilah Sumber Dentuman Misterius Menurut para Ahli: Bukan karena Gunung Anak Krakatau

By None, Selasa, 14 April 2020 | 13:38 WIB

Soal Suara Dentuman Misterius, PVMBG Jelaskan Bukan Berasal dari Letusan Gunung Anak Krakatau

Grid.IDGunung Anak Krakatau yang meletus pada Jumat (10/4/2020) pukul 21.58 WIB lalu masih menyisakan misteri.

Bagaimana tidak, tak berselang lama setelah erupsi Gunung Anak Krakatau, tiba-tiba muncul suara dentuman.

Aneh tapi nyata, suara dentuman tersebut hanya bisa didengar oleh penduduk daerah sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Baca Juga: Ungkap Kekhawatiran terhadap Kondisi Indonesia Usai Gunung Anak Krakatau Meletus, Siwon Super Junior: Aku Akan Berdoa!

Sontak, sejumlah pihak menuding fenomena ini berkaitan dengan letusan Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di provinsi Lampung.

Melansir Kompas.com, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, dalam keterangan tertulisnya menyebutkan bahwa hal ini tidak ada kaitannya.

Kata Rahmat, sejak tadi malam hingga pagi hari ini pukul 06.00 WIB, hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan tidak terjadi gempa tektonik yang kekuatannya signifikan atau cukup besar di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Baca Juga: Dentuman Dahsyat Muncul di Malam yang Sama dengan Meletusnya Gunung Anak Krakatau, Mbah Mijan Merinding Parah: Astaghfirullah!

Meskipun ada aktivitas gempa kecil di Selat Sunda yang aktif saat erupsi Gunung Anak Krakatau terjadi, yaitu pada pukul 22.59 WIB dengan magnitudo M 2,4.

Episenter gempa itu terletak pada koordinat 6,66 LS dan 105,14 BT tepatnya di laut pada jarak 70 km arah Selatan Baratdaya Gunung Anak Krakatau pada kedalaman 13 kilometer.