Find Us On Social Media :

PSBB dan Harus Aktivitas di Rumah Saja, Buat Banyak Komunitas Virtual Terbentuk

By Kaina Harini, Kamis, 14 Mei 2020 | 13:00 WIB

Menjaga tingkat hidrasi dan tetap terkoneksi dengan teman adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mental selama masa PSBB. (DOK. Club Air Mineral)

Grid.id – Saat berpuasa, Anda harus menahan haus dan lapar dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam. Ketika menahan haus seharian, otomatis tubuh pasti akan mengalami dehidrasi, karena tubuh seseorang mengandung 60 hingga 70 persen air.

Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala, kekurang energi, dan lebih cepat lelah. Nah, selama bulan Ramadan ini, sebaiknya Anda menjaga tingkat hidrasi tubuh dengan mengonsumsi minimal 2 liter air mineral atau 8 gelas ukuran 250 mililiter.

Jika kesulitan untuk mengatur frekuensi minum, Anda bisa menerapkan kebiasaan ini saat sahur dan berbuka. Minumlah satu gelas, ketika bangun sahur dan setelah makan sahur.

Kemudian satu gelas air bersama dengan takjil saat berbuka puasa , setelah shalat Maghrib,  saat makan malam setelah shalat Isya, dan satu gelas sebelum tidur.

Baca Juga: Terkuak! Inilah 4 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Tanpa Minum Air

Karena bulan Ramadan kali ini lebih banyak kita habiskan di rumah aja karena sedang masa PSBB, sebenarnya selain menjaga hidrasi tubuh, Anda juga harus menjaga kesehatan mental, agar Anda tak mudah stress karena merasa terkekang dan kekurangan kegiatan sosial.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah tetap terkoneksi dengan teman dan saudara walaupun hanya menggunakan teknologi dan di rumah aja.

Inspirasi menarik pun datang dari komunitas yang terpilih menjadi #ClubOfTheMonth Bulan April lalu oleh Club Air Mineral melalui kontes #ClubHangoutVirtual #DiRumahAja bareng Club.

Salah satu pemenang kontes, Widyanto Bangun, pemilik akun Instagram @widiyantobangun dari komunitas @indofoodsportlover menceritakan inspirasinya untuk tetap terhubung dengan teman-teman komunitas selama PSBB.

Baca Juga: Jangan Asal Buang Botol Air Mineral! Ternyata Bisa untuk Latihan Otot loh

Sebelum PSBB dimulai, ia dan beberapa rekan kerja di Indofood sebenarnya memiliki sebuah komunitas olahraga bernama @indofood_runners. Mereka memiliki aktivitas rutin setiap minggu, yaitu belari bersama di Gelora Bung Karno (GBK).

Harus menjalani semua aktivitas di rumah seperti saat ini, tidak mengurangi semangat mereka. Olahraga bersama tetap dilakukan sehingga terbentuklah komunitas virtual @indofoodsportlover.