Find Us On Social Media :

Inspiratif, Yuk Intip Ramadan di Rumah Aja ala Bunda Didi

By Kaina Harini, Kamis, 21 Mei 2020 | 14:32 WIB

Berawal dari hobi wisata kuliner, Diah Didi pun gemar mencoba berbagai kreasi makanan dengan bumbu Indonesia (DOK. Facebook Diah Didi’s Kitchen)

Grid.id – Anda pasti pernah mendengar nama Bunda Didi. Chef blogger kenamaan di Indonesia bernama asli Diah Didi ini sudah mulai bekreasi dengan beragam jenis menu masakan dan membagikan kiat membuatnya secara online sejak 2015.

Berbagai kreasi masakannya pun sudah diabadikan menjadi dua buah buku resep berjudul 65 Resep Lezat untuk Sehari-hari dan Bikin Kue Kering Yuk.

Seperti masyarakat Indonesia lainnya, saat ini Bunda Didi juga menjalankan imbauan pemerintah yaitu mengurangi segala aktivitas di luar dan lebih banyak di rumah saja. Ia pun merasakan bahwa Ramadan tahun ini terasa berbeda.

Apalagi menjelang Lebaran. Satu hal yang paling terasa adalah soal berbelanja. “Ramadan tahun-tahun lalu saya hampir setiap hari keluar rumah untuk berbelanja bahan makanan fresh yang akan disajikan untuk buka ataupun sahur,” ungkapnya.

Namun kali ini, Bunda Didi lebih memilih untuk pergi berbelanja sekali dalam seminggu. Ia juga harus sekaligus membeli persediaan yang cukup untuk satu minggu. Memilah bahan makanan yang mudah diolah jadi apa saja, hingga menyiasati cara penyimpanannya.

Baca Juga: Bingung Masak Apa? Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Cari Inspirasi!

Intinya, menurut Bunda Didi yang berdomisili di Semarang, Ramadan dan Lebaran tahun ini ia harus serba kreatif, menyajikan hidangan yang mudah dan hemat tetapi spesial. Ia pun membagikan inspirasi untuk pembaca Grid.id.

Soal bahan makanan apa yang yang wajib ada di rumah di saat seperti, Bunda Didi juga cenderung tak muluk-muluk. Menurutnya, protein seperti telur sudah bisa dikreasikan dengan berbagai cara. Untuk sayuran Bunda Didi juga menyarankan untuk memilih sayuran yang tahan lama seperti buncis, wortel, dan labu siam.

Nah, untuk proses memasak, Bunda Didi mengakui lebih menyukai memasak menjelang waktu berbuka. Ia pun menjadikan kesempatan ini sebagai tradisi menjelang berbuka dengan si buah hati.

“Anak saya sudah bisa membuat gorengan sederhana seperti tahu aci, dan juga minuman segar seperti es kelapa muda campur melon, thai tea, es cincau pun sudah bisa dibuatnya. Nah, biasanya di saat bersamaan saya akan menyiapkan hidangan utamanya,” jelas Bunda Didi.

Baca Juga: Indofood Hadirkan “Masak Apa Ya”

Lain berbuka, lain juga dengan waktu sahur. Untuk menyiapkan sajian sahur Bunda Didi sudah mulai menata bahan-bahan sedari malam hari.