Find Us On Social Media :

Tak Disangka! Inilah Latar Belakang Kenapa Makan Ketupat Selalu Identik dengan Opor Ayam saat Lebaran, Ada Makna Kehidupan di Dalamnya

By Devi Agustiana, Jumat, 22 Mei 2020 | 10:10 WIB

Ketupat sudah menjadi makanan khas lebaran di Indonesia.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Hari Raya Idul Fitri 1441 H tinggal menghitung hari.

Sebentar lagi umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Lebaran.

Saat Lebaran di Indonesia, dua sajian yang mungkin tidak pernah terlewat ada di meja makan.

Adalah ketupat dan opor ayam.

 Baca Juga: Ngakunya Bukan Pansos, Kini Terbongkar Bukti Sarah Kiehl Lelang Keperawanan Hanya Gimik Untuk Tingkatkan Interaksi Medsos

Kedua menu makanan ini pasti ada di meja makanmu saat Hari Raya Lebaran, bukan?

Mungkin sebagian dari kita terkadang bertanya-tanya, kenapa sih ketupat sering kali dihidangkan dengan opor ayam terutama saat Lebaran di Indonesia?

Perpaduan ketupat dan opor ayam ternyata tak hanya sekadar cocok dari rasa saja, tapi ada kisah yang lekat dengan kebiasaan masyarakat Nusantara, membuat kedua hidangan ini seakan tak terpisahkan.

Dilansir Grid.ID dari Kompas.com, menurut Chef Wira Hardiansyah, keterkaitan ketupat dan opor ayam ini ternyata berhubungan dengan kebiasaan orang Nusantara yang disebut ‘otak atik gathuk’ atau mencocokkan sesuatu sebagai tanda pengingat.

“Atau ‘pangeling eling’ yang dikaitkan dengan aspek kehidupan hablum minannaas (manusia dengan segala ciptaan Tuhan) dan hablum minallah (manusia dengan Tuhan),” jelas Chef Wira pada Kamis (21/5/2020).

“Itulah kenapa ‘otak atik gathuk’ selalu mendapat tempat tertinggi di masyarakat,” sambung dia.