Find Us On Social Media :

Ini Manfaatnya Jika Perusahaan Menerapkan Kesetaraan Gender

By Fathia Yasmine, Kamis, 9 Juli 2020 | 18:17 WIB

Ilustrasi keberagaman dan kesetaraan di tempat kerja

GRID.id – Sebagai perempuan, memiliki karir cemerlang merupakan salah satu impian besar yang ingin dicapai sebagai bentuk apresiasi diri.

Tak jarang banyak perempuan yang memfokuskan diri pada pekerjaan hingga berhasil mencapai posisi manajerial.

Namun, tahukah kamu bahwa meski berada di jenjang karier sama dengan rekan kerja laki-laki, tidak semua perempuan memperoleh tingkat pendapatan yang setara.

Survei Workplace Gender Equality Agency Australia bahkan menemukan bahwa terdapat perbedaan pendapatan per jam bagi pekerja wanita sebesar 13,9 persen lebih rendah, meski pekerja perempuan telah berada dalam posisi managerial.

Padahal dengan porsi pekerjaan yang sama, baik perempuan maupun laki-laki semestinya memiliki pendapatan yang sama tanpa memandang gender. Sehingga, penting bagi perusahaan untuk mulai menciptakan lingkungan kerja yang adil sekaligus mengedepankan keberagaman.

Baca Juga: Begini loh 3 Cara Mudah Kembangkan Karier Lewat Media Sosial

Sebab, keduanya dapat membantu para pekerja untuk saling memahami satu sama lain dan menciptakan situasi yang dinamis. Keberagaman kerja juga memiliki banyak manfaat selain adanya kesetaraan gaji, apa saja? 

1. Memberi kesempatan untuk membuktikan potensi diri

Menurut survei Catalyst pada januari 2020, masih banyak perusahaan yang belum memberi kesempatan bagi pekerja perempuan untuk membuktikan potensi dirinya. Hal ini diketahui dari rendahnya partisipasi perempuan dalam menduduki posisi CEO dengan presentase 5,8 persen dari 44,7 persen total pegawai perempuan yang berada di 500 perusahaan.

Melalui kesetaraan, baik pekerja perempuan maupun laki-laki memiliki kesempatan yang sama untuk membuktikan potensinya di tempat kerja. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan lingkungan yang didominasi oleh satu gender, dimana peluangnya jauh lebih kecil sebagai kaum minoritas.

2. Meminimalisasi kesenjangan dan menciptakan lingkungan yang sehat

Keberagaman dalam dunia kerja akan menumbuhkan gap yang lebih rendah dibandingkan yang tidak. Perbedaan pendapatan maupun jenjang kerja yang seimbang, akan menimbulkan kekompakan antar tim. Sehingga, lingkungan kerja menjadi lebih produktif dan sehat bagi seluruh pegawai.