Find Us On Social Media :

Face Shield Memberikan Perlindungan yang Lebih Baik dari Virus Corona Dibanding Masker? Yakin?

By Silmi Nur Aziza, Rabu, 19 Agustus 2020 | 08:30 WIB

Ilustrasi penggunaan Faceshield dan masker

Laporan Wartawan Grid.ID, Silmi Nur A

Grid.ID - Jenis alat pelindung diri (APD) mana yang terbaik untukmu?

Bagi banyak dari kita mengenakan masker saat pergi ke toko bahan makanan, apotek, atau transportasi umum.

Tetapi beberapa orang memakai jenis penutup wajah lain—pelindung plastik bening yang menutupi seluruh wajah mereka yang dikenal sebagai pelindung wajah atau face shield.

Baca Juga: Selama ini Kita Salah! Face Shield Bukan Pengganti Masker, Penggunaannya Tanpa Masker Berisiko Besar Tertular Virus Corona

Untuk membantu memperlambat penyebaran virus corona, pemerintah menyarankan semua orang untuk memakai masker di tempat umum.

Namun, melansir dari Health.com, artikel opini JAMA yang diterbitkan pada 29 April, dokter dan ahli kesehatan masyarakat Iowa City menyarankan, pelindung wajah atau face shield adalah pilihan yang lebih baik daripada masker karena berbagai alasan.

Face shield lebih mudah didisinfeksi daripada masker kain dan lebih mudah bernafas saat mengenakannya, tulis para peneliti.

Baca Juga: Tanpa Masker, Pemakaian Face Shield saat Keluar Rumah Sama Sekali Tidak Berguna, 'Malah Itu Sama Saja dengan Bunuh Diri'

Benda ini akan mencegah pemakainya untuk tidak banyak menyentuh wajah mereka.

Sementara masker kain hanya menutupi hidung, pipi, dan mulut kamu.

Kamu juga tidak perlu melepaskan face shield saat kamu berbicara dengan seseorang, yang cenderung dilakukan orang dengan masker.