Find Us On Social Media :

Hati-hati Kalau Mendadak Ada Benjolan Kecil di Organ Intim, Bisa Jadi Tanda Kutil Kemaluan Sedang Bersarang Loh, Kenali Sebelum Terlambat!

By Devi Agustiana, Senin, 7 September 2020 | 07:30 WIB

Pakar menyebut bahwa wanita berpotensi lebih tinggi tularkan kutil kemaluan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Jangankan terjadi di sekitar kelamin, apabila ada kutil di kulit yang mudah dijangkau saja, kita rasanya risi.

Bahkan terlihat sedikit menjijikan, bukan?

Ternyata, dalam satu dekade terakhir telah terjadi pergeseran pola penyakit penyebab infeksi menular seksual (IMS).

Baca Juga: Mengenal Labia, Bagian Organ Intim Wanita yang Disebut Bisa Berubah Bentuk dan Warna, Unik Banget!

Kalau tadinya lebih banyak disebabkan oleh kuman bakteri seperti Neissheria gonorrhea dan Chlamydia trachomatis, IMS sekarang makin banyak disebabkan oleh virus.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV, menyebut terdapat dua golongan virus yang kini jamak menyebabkan IMS.

Dua golongan virus itu, yakni Human Papilloma Virus (HPV) dan Human Herpes Viruses (HHV).

Baca Juga: Duh, Pakai Pantyliner Setiap Hari Bisa Bawa Petaka untuk Organ Intim Termasuk Gatal-gatal, Batasi Deh Mulai Sekarang!

Di antara keduanya, virus HPV cenderung lebih dominan sebagai penyebab utama infeksi menular seksual.

Dokter yang akrab disapa Pras itu mengungkapkan, virus HPV merupakan penyebab timbulnya kutil kelamin atau dalam istilah medisnya disebut kondiloma akuminata.

Dilansir Grid.ID dari Kompas.com, beberapa orang lebih akrab menyebut kutil kelamin sebagai penyakit jengger ayam karena bentuknya.