Find Us On Social Media :

Terungkap Jenis Ular yang Melingkar di Umpak Bangsal Keraton Yogyakarta dan Tak Boleh Dibunuh, H Jatiningrat Angkat Bicara: Kebetulan Kejadian itu pada Malam Jumat Pas Peringatan Haul HB IX

By Novia, Jumat, 23 Oktober 2020 | 10:19 WIB

Ular melingkar di Umpak, Bangsal Magangan komplek Keraton Yogyakarta.

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Beberapa waktu yang lalu, dunia maya tengah dihebohkan dengan beredarnya foto ular yang melingkar di umpak (penyangga pilar) Bangsal Magangan, Keraton Yogyakarta.

Ya, di sebuah umpak (penyangga pilar) Bangsal Magangan komplek Keraton Yogyakarta, ular yang tak diketahui jenisnya itu bikin heboh.

Menanggapi kehebohan masyarakat, salah satu kerabat Keraton, Raden Tumenggung (KRT) H. Jatiningrat atau yang akrab disapa Romo Tirun, angkat bicara.

Melansir dari Kompas.com Jumat (23/10/2020), Romo Tirun menjelaskan hal tersebut bukanlah hal yang janggal, apalagi berhubungan dengan mistis.

Baca Juga: Arti Mimpi Bertemu dengan Ular Pertanda Akan Bertemu Jodoh? Pakar Psikologi Akhirnya Buka Suara Bongkar Kebenaran dari Mitos yang Sudah Beredar Luas di Masyarakat

Sebab kejadian serupa acap kali terjadi di area Keraton Yogyakarta, terlebih di musim hujan seperti sekarang.

“Terus terang saja saya tidak tahu (mitosnya). Ular yang melingkar itu kan di bangsal magangan soko guru di sebelah utara barat pojok, melingkar di atas umpak."

"Warnanya ada bintik-bintik kekuningan, saya enggak tahu jenis ularnya, kalau melihat motifnya kayak beras utah kalau keris itu ada (motif beras wutah),” ujarnya, Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut, Romo Tirun mengucapkan di Keraton Yogyakarta akhir-akhir ini banyak ular kecil.

Baca Juga: 15 Ekor Ular Tertangkap di Area Rumah Mewahnya yang Seharga Rp 2,8 M, Syahnaz Sadiqah Ngaku Stres Istananya Kerap Didatangi Aneka Satwa Liar, Adik Raffi Ahmad: Sekarang Biawak, Besok Apa Lagi?

“Ular itu banyak di keraton, di tempat saya saja sering ada ular, tetapi kecil-kecil, kebetulan kejadian itu pada hari malam Jumat, pas peringatan Haul HB IX ya itu saja,” ujarnya.