Find Us On Social Media :

Gunung Semeru Meletus! Luncuran Awan Panas Dikabarkan Mencapai Jarak 4,5 Kilometer, Warga Diimbau Terus Waspada

By Novia, Sabtu, 16 Januari 2021 | 20:15 WIB

Gunung Semeru erupsi sore tadi pukul 17.24, Sabtu (16/1/2021).

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Musibah alam kembali melanda bumi pertiwi.

Sore tadi sekitar pukul 17.24, Sabtu (16/1/2021), Gunung Semeru dikabarkan meletus.

Mengejutkan warga sekitar, Gunung Semeru dikabarkan masih terus mengeluarkan materi vulkanik dengan jarak luncur sekitar 4,5 kilometer.

Melansir informasi dari Twitter @BNPB_Indonesia, aktivitas vulkanik dari Gunung Semeru hingga kini masih terus berlangsung.

Baca Juga: Sempat Alami 17 Kali Guguran Lelehan Magma, Gunung Merapi Kembali Mengeluarkan Lava Pijar, Penambangan dan Sektor Wisata Diimbau untuk Berhenti

"Telah terjadi Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dengan jarak luncur kurang lebih 4,5 KM pada Sabtu (16/1) pukul 17.24 WIB," tulis akun Twitter @BNPB_Indonesia.

Melansir informasi dari Tribunnews.com, gunung yang berada di Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur itu, terpantau meluncur awan panas ke arah tenggara yang diduga dari kawah Jonggring Kaloko, berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Menurut laporan pengamatan visual sementara, hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Adapun peristiwa tersebut juga dikonfirmasi oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bahwa perkiraan awal lokasi tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan.

Baca Juga: Kembali Bergejolak, Gunung Merapi Keluarkan Lava Pijar Sebanyak 19 Kali Hingga Hujan Abu Tipis di Kawasan Lereng Selatan

"Gunung semeru mengeluarkan awan panas. Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas," jelas Bupati Thoriqul.