Find Us On Social Media :

Terlanjur Kecanduan Gula? Coba Lakukan 3 Hal Ini untuk Mengatasinya

By Devi Agustiana, Senin, 25 Januari 2021 | 07:00 WIB

Ilustrasi gula

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Tak sedikit orang yang sudah terlanjur kecanduan gula.

Tenaga medis percaya bahwa ini adalah salah satu alasan mengapa sangat sulit untuk tetap berpegang pada pola makan yang sehat.

Mengutip laman Kompas.com, menambahkan gula atau pemanis buatan dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi akan berdampak buruk pada kesehatan.

Pasalnya, gula memberikan kalori tanpa nutrisi tambahan dan dapat merusak metabolisme tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Baca Juga: Coba Rutin Diet dengan Menu Berikut, Rasakan Sendiri Efeknya Jika Kalian Ingin Mengurangi Asupan Gula Secara Teratur

Mengonsumsi terlalu banyak gula juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Kondisi “mengidam”, termasuk pada gula, didorong oleh kebutuhan otak akan sebuah "hadiah", bukan kebutuhan tubuh akan makanan.

Jika kamu hanya bisa makan satu gigitan dan berhenti di situ, memanjakan diri sedikit saat mengidam memang baik-baik saja.

Tetapi jika cenderung makan berlebihan, itu bisa berbahaya.

Dirangkum Grid.ID dari Healthline, berikut ini tiga langkah sederhana untuk menghentikan kecanduan gula.

Baca Juga: Tak Hanya Diabetes, 5 Penyakit Kronis Ini Juga Bisa Mengintai Jika Tubuh Kelebihan Gula, Salah Satunya Kanker