Find Us On Social Media :

Terjadi Tabrakan Kapal di Alur Pelayaran Barat Surabaya, 5 ABK Dilaporkan Masih Hilang

By Bella Ayu Kurnia Putri, Minggu, 24 Januari 2021 | 07:44 WIB

Ilustrasi - Terjadi Tabrakan Kapal di Alur Pelayaran Barat Surabaya, 5 ABK Dilaporkan Masih Hilang

Laporan Wartawan Grid.ID, Bella Ayu Kurnia Putri

Grid.ID - Telah terjadi tabrakan antar kapal di alur perairan barat Surabaya.

Tabrakan tersebut terjadi antara Kapal Tugboat (TB) Mitra Jaya XIX dan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar.

Dilansir dari Antaranews.com, Kapal Tugboat (TB) Mitra Jaya XIX dilaporkan hilang kontak di Perairan Gresik, Jawa Timur, setelah terlibat tabrakan dengan Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar pada Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.30 WIB.

“Telah terjadi kecelakaan laut atau tabrakan kapal antara kapal KM Tanto Bersinar dengan Kapal TB Mitra Jaya XIX yang menggandeng Kapal Tongkang (TK) Makmur Abadi V di area Bouy 3, yaitu area pengeboran lepas pantai RIG WMO di alur pelayaran barat Surabaya (APBS)," kata Dirpolairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi dikonfirmasi di Surabaya, dikutip Grid.ID dari Antaranews.com.

Baca Juga: Tak Seperti Kejadian Warga Ambil Minuman dari Kecelakaan di Tawangmangu, Warga Sukoharjo Justru Bantu Sopir Truk Pengangkut Telur yang Alami Kecelakaan

Kapal TB Mitra Jaya XIX yang menggandeng TK Makmur Abadi V tersebut dinakhodai Syahrul.

Kapal tersebut berisi 8 kru tugboat dan 2 kru tongkang berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan bermuatan CPO dengan tujuan Pelabuhan Gresik pada tanggal 11 Januari 2021.

Arnapi menceritakan kronologi kecelakaan tersebut.

Saat perjalanan melintasi perairan area Bouy 3 pada hari Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.14 WIB, tiba-tiba TB Mitra Jaya XIX ditabrak dari arah depan oleh kapal KM Tanto Bersinar yang berangkat dari Surabaya menuju tujuan pelayarannya.

Baca Juga: Kepala Sekolah Minta Maaf Usai Heboh Video Orang Tua Siswa Protes SMKN 2 Padang yang Wajibkan Siswi Non Muslim Berjilbab, Kepala Dinas Pendidikan: Pasti Kita Evaluasi

“Akibat tabrakan tersebut kapal TB Mitra Jaya dilaporkan XIX hilang kontak. Sementara Tongkang Makmur Jaya 5 mengalami robek pada lambung kiri sehingga menimbulkan kebocoran," ujar Arnapi.