Find Us On Social Media :

Mata Minus Dapat Disembuhkan dengan Operasi Lasik, Seperti Ini Prosedurnya

By Ragillita Desyaningrum, Jumat, 29 Januari 2021 | 13:23 WIB

Lelah berketergantungan dengan kacamata dan lensa kontak? Kamu bisa melakukan prosedur operasi lasik untuk membuat matamu normal lagi.

 

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDOperasi lasik pernah sangat populer di kalangan selebriti yang mempunyai mata minus.

Sejumlah selebriti seperti Pamela Bowie, Aurel dan Azriel Hermansyah, hingga Krisdayanti disebut telah melakukan operasi lasik untuk mengembalikan penglihatan mereka seperti semula.

Melansir dari Tribunnews.com, lasik merupakan singkatan dari laser-assisted in situ keratomileusis yang meliputi proses pembukaan lapisan kornea atau flap (in situ) dan pembentukan kembali jaringan kornea yang lebih sehat (keratomileusis).

Baca Juga: Awas, Hobi Rebahan Bisa Jadi Petaka Buat Kesehatan, Ini 7 Akibat Kalau Tubuh Kita Kurang Gerak

Dikutip dari WebMD via Kompas.com, operasi lasik mata bertujuan mengoreksi penglihatan dengan cara membentuk kembali kornea mata.

Setelah dikoreksi atau diperbaiki, bagian depan mata ini kembali jernih sehingga cahaya dapat fokus pada retina yang terletak di belakang mata.

Namun, menurut dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center, Setiyo Budi Riyanto, kemampuan operasi lasik untuk membuat nol kembali gangguan refraksi pada mata tergantung pada kecanggihan teknologinya.

"Semakin canggih teknologi lasik yang digunakan, semakin bisa memulihkan gangguan refraksi pada mata," ujar dr Setiyo seperti yang dikutip Grid.ID dari Kompas.com