Find Us On Social Media :

90 Kali Lebih Berpotensi Meninggal Dunia Karena Covid-19, Lansia Siap-siap Terima Vaksin Mulai Hari Ini

By Devi Agustiana, Senin, 8 Februari 2021 | 09:17 WIB

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan bahwa lansia umum akan diberikan vaksin setelah fase vaksinasi kepada nakes selesai dilakukan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Sangat banyak orang dewasa di atas usia 65 tahun terpapar Covid-19 dengan cepat.

Komite Penasihat untuk Praktik Imunisasi atau ACIP, sebuah panel ahli independen yang menasihati Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), telah merekomendasikan agar orang yang tinggal di fasilitas perawatan jangka panjang, serta mereka yang berusia 65 tahun ke atas, disertakan dalam tahap 1 program vaksinasi Covid-19.

Mengutip laman Veriwell Health, menurut CDC, orang dewasa yang lebih tua lebih mungkin membutuhkan perawatan daripada populasi umum ketika mereka tertular Covid-19.

Baca Juga: Ariel NOAH Lakukan Vaksinasi Corona yang Kedua Kali, Mantan Pacar Luna Maya Bikin Geger Gegara Bagian Tubuhnya Jadi Sorotan

Dibandingkan dengan orang dewasa berusia 18 hingga 29 tahun, orang dewasa yang berusia antara 65 hingga 74 tahun, lima kali lebih mungkin membutuhkan rawat inap dan 90 kali lebih mungkin meninggal karena Covid-19.

Hasil menjadi lebih buruk untuk setiap kelompok usia berikutnya

Menurut CDC, 65% kasus Covid-19 terjadi pada orang di bawah usia 50 tahun.

Baca Juga: Beberkan Kondisi Pasca Disuntik Vaksin Covid-19 yang Kedua, Ariel Noah Sebut Lebih Ringan dari Vaksinasi Pertama: Semuanya Aman sampai Sekarang

Namun, 95,4% kematian terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas.

Di Indonesia sendiri, mulai hari ini, Senin (8/2/2021) pemerintah akan melaksanakan vaksinasi nasional Covid-19 kepada kelompok masyarakat lansia. 

Langkah vaksinasi terhadap lansia dilakukan setelah terbitnya izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun.