Find Us On Social Media :

Kondisi Ashanty Sempat Menurun karena D-Dimer Tinggi, Apa Sih Artinya?

By Ragillita Desyaningrum, Kamis, 25 Februari 2021 | 13:54 WIB

Setelah dikabarkan positif terinfeksi Covid-19, kondisi Ashanty dikabarkan sempat mengalami penurunan karena D-Dimer yang tinggi.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19 pada Senin (15/2/2021), kondisi Ashanty dikabarkan sempat menurun.

Anang Hermansyah, penyanyi sekaligus suami dari Ashanty menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh D-Dimer Ashanty yang tinggi.

“Dicek darah, dikasih tahu D-dimer bunda tinggi, kekentalan darah bunda semakin mengental,” kata Anang Hermansyah dalam kanal YouTube The Hermansyah A6, Rabu (24/2/2021), yang dilansir dari Grid.ID.

Baca Juga: Ashanty Dikabarkan Meninggal Akibat Idap Penyakit Covid-19, Anang Hermansyah Angkat Bicara Hingga Ngaku Terima Banyak Teror dari Keluarga

Adapun angka D-Dimer yang tinggi ini menandakan adanya pengentalan darah yang dikhawatirkan dapat membahayakan sistem pernapasan Ashanty.

“Nah, kalau ini menutupi saluran pernapasan, ini yang tidak bisa dikendalikan," papar Anang.

Usut punya usut, rupayanya Covid-19 memang dapat menyebabkan pengentalan darah.

Baca Juga: D-Dimer Tinggi, Ashanty Sempat Masuk Fase Kritis Saat Divonis Positif Covid-19

Melansir Huffpost via Kompas.com, belum dapat diketahui dengan pasti apa penyebab pasien Covid-19 mengalami pengentalan darah.

Menurut studi, hampir sepertiga dari pasien Covid-19 yang menjalani perawatan intensif mengalami kondisi ini.

Sebenarnya, pengentalan darah merupakan salah satu mekanisme alami yang menjadi respons tubuh ketika kita mengalami cedera.