Find Us On Social Media :

Ramai Berita Virus Corona B.1.1.7, Yuk Kembali Disiplin Lindungi Diri dengan Cara Ini

By Fathia Yasmine, Jumat, 5 Maret 2021 | 16:05 WIB

Ilustrasi bepergian di tengah pandemi Covid-19

Terhitung sejak Sabtu (2/2/2020), Indonesia telah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 selama satu tahun. Demi melandaikan kurva persebaran virus corona, selama satu tahun tersebut pemerintah terus mendorong masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna melindungi kesehatan diri.  

Belum selesai upaya penanggulangan dengan menciptakan herd immunity lewat vaksinasi, Selasa (2/3/2021) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan bahwa telah ditemukan dua kasus infeksi virus corona strain B.1.1.7 yang sebelumnya ditemukan di Inggris dan Singapura.

Melansir dari pemberitaan Kompas.com, Selasa, virus corona yang bermutasi ini menimbulkan gejala infeksi yang berbeda. Selain batuk dan sakit tenggorokan, infeksi virus ini menyebabkan kelelahan dan nyeri otot. Meski demikian, menurut penelitian dari Public Health England (PHE), infeksinya tidak menyebabkan sakit yang lebih parah.

Saat ini, pemerintah tengah berupaya untuk mencegah penyebaran lebih lanjut. Ada baiknya,  langkah pencegahan penularan pribadi juga terus dilakukan. Ini saatnya kamu kembali meningkatkan kewaspadaan dan mendisiplinkan kembali penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Ditanya Tentang Keinginan Berselingkuh, Pakar Mikro Ekspresi Pertanyakan Jawaban Raffi Ahmad: Kenapa Jawabannya Muter-muter?

Kamu sebaiknya tetap mematuhi protokol kesehatan di mana dan kapan saja, terutama jika saat ini sudah mulai sering bertemu dengan banyak orang atau bepergian keluar rumah.

Mengutip dari laman web milik World Health Organization (WHO) dan Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, berikut beberapa cara agar tetap aman ketika berada tempat-tempat umum.

Tentukan durasi dan jam pergi

Beberapa dari kamu saat ini mungkin sudah mulai beraktivitas di luar rumah, seperti work from office (WFO) atau bepergian untuk belanja. Namun, Sebelum memutuskan untuk bepergian, kamu sebaiknya melakukan beberapa persiapan.

Mengutip dari laman CDC, ada beberapa ceklis yang perlu diperhatikan sebelum pergi. Pertama, pahami aturan mengenai pembatasan aktivitas sosial dan regulasi yang diberlakukan di area tempat beraktivitas.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Langsung Pergi Urus Pernikahannya dengan Atta Halilintar Usai Dinyatakan Sembuh, Amankah Bertemu Pasien yang Baru Sembuh dari Covid-19?

Kedua, cek status zonasi persebaran Covid-19 di area yang tempat beraktivitas. Ketiga, pastikan tubuh sehat dan lengkapi diri dengan perlengkapan sanitasi yang diperlukan.

Terakhir, ketahui berapa banyak orang yang mungkin berinteraksi dengan kamu dan apakah ruangan tempat beraktivitas nanti memungkinkan untuk menjaga jarak. Dengan memastikan hal-hal tersebut kamu dapat memahami seberapa tinggi risiko paparan Covid-19 di tempat yang dituju.

Selain itu, jika kamu kerap menggunakan transportasi umum untuk berangkat kerja atau berbelanja, pastikan untuk tidak bepergian di jam-jam sibuk yang rawan dengan antrean atau keramaian.