Find Us On Social Media :

Berencana untuk Menikah dalam Waktu Dekat? Jangan Lupa Vaksinasi HPV! Ini Bahayanya Jika Calon Pengantin Sampai Melewati Vaksinasi Ini

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 10 Maret 2021 | 21:00 WIB

Human Papilloma Virus (HPV) dapat menyebabkan penyakit berbahaya baik pada pria maupun wanita. Itu sebabnya vaksinasi HPV penting sebelum menikah.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Menjelang hari pernikahan, ada banyak sekali hal yang perlu dipersiapkan tak terkecuali kesehatan.

Ada beragam tes kesehatan yang wajib dilakukan calon pengantin mulai dari pemeriksaan golongan darah dan rhesus hingga pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS).

Di samping itu, calon pengantin juga disarankan untuk mendapatkan vaksin HPV sebelum menikah demi mencegah adanya penyakit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV).

Baca Juga: Kesha Ratuliu Sudah Divaksin HPV Sejak Dini Demi Kesehatan Reproduksinya, Sebenarnya Kapan Waktu Terbaik untuk Vaksinasi Ini?

Human Papilloma Virus ini dapat menular melalui hubungan seksual.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus ini adalah kanker serviks atau kanker leher rahim.

Menurut data GLOBOCAN 2020, kanker serviks merupakan kanker peringkat kedua terbanyak menyerang wanita dengan jumlah kasus 36.633 di Indonesia dan membunuh 57 perempuan di Indonesia setiap harinya.

Hal ini disampaikan dalam acara webinar #VaksinasiHPVSebelumMenikah: Protected Together yang dihadiri Grid.ID dan diselenggarakan Koalisi Cegah Kanker Serviks (KICKS) bersama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) pada Rabu (10/03/2021).