Find Us On Social Media :

Kecerdasan dan Emosi Buah Hati Ternyata Dipengaruhi Oleh Jadwal Tidurnya Lho, Ini Penjelasan Ahli!

By Devi Agustiana, Rabu, 17 Maret 2021 | 09:18 WIB

Pola makan dan tidur ternyata sangat memengaruhi tumbuh kembang anak.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Agar anak tumbuh sehat secara fisik dan mental, mereka memerlukan asupan gizi yang seimbang dan pola tidur yang benar.

Namun, masih banyak kaum Ibu, khususnya yang baru menjalani peran sebagai ibu baru, kurang memahami bagaimana cara mengatur pola makan dan tidur yang tepat untuk sang buah hati.

Menurut Dr. Kanya Ayu Paramastri, Sp.A yang merupakan Dokter Spesialis Anak, jadwal makan dan menyusui yang teratur penting untuk merangsang rasa lapar anak khususnya bila sudah berumur diatas 3 bulan.

Baca Juga: Anak Sulung Putri Titian dan Junior Liem Berhasil Mengendarai Sepeda Roda Dua Berkat Balance Bike, Ternyata Ini Manfaat dan Kelebihannya Balance Bike yang Sedang Ngetren

Artinya, bayi dilatih untuk bisa menyadari rasa lapar dan kenyang timbul pada dirinya.

Sedangkan jadwal tidur, mungkin belum banyak orangtua ketahui bahwa hal itu sangat memengaruhi kecerdasan anak.

Jadwal tidur yang baik sesuai usia anak sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, kecerdasan intelektual (IQ), pemulihan energi, serta berdampak pada mental dan emosi.

Baca Juga: Cegah Bahaya dan Anak Sakit Usai Banjir, Ini 10 Hal yang Harus Orang Tua Lakukan!

Dr. Kanya pun memberikan contoh aturan tidur dan makan pada anak berusia lebih dari 6 bulan.

“Untuk bayi berusia lebih dari 6 bulan biasakan makan maksimal hanya 30 menit dan jangan dijanjikan hadiah atau susu atau es krim bila mampu menghabiskan makanannya,” katanya dalam acara virtual bertajuk ‘Kupas Tuntas Aturan Makan, Tidur, dan Aktivitas Balita untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya’ yang Grid.ID ikuti Selasa (16/3/2021).

Menurutnya, anak harus belajar makan di meja makan, agar tidak ada distraksi.