Find Us On Social Media :

Hari Tuberkolosis Sedunia, Ternyata Indonesia Negara Dengan Beban TB Tertinggi Nomor Tiga di Dunia! Yuk, Kenali Lagi Gejala Penyakit Ini

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 24 Maret 2021 | 19:11 WIB

Kasus tuberkolosis di Indonesia diperkirakan mencapai 845.000 kasus dengan angka kematian mencapai 93.000 kasus.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Dalam memperingati Hari Tuberkolosis (TB) Sedunia setiap 24 Maret, wakil presiden RI Ma’ruf Amin mengingatkan betapa seriusnya penyakit ini.

Menurut pernyataan Ma’ruf, Indonesia merupakan negara dengan beban penyakit tuberkolosis (TB) tertinggi ketiga di dunia dengan perkiraan 845.000 kasus.

Dari 845.000 kasus, tercatat bahwa angka kematian mencapai 93.000 kasus.

Baca Juga: Ustaz Maaher At-Thuwailibi Sempat Menderita TB Usus Sebelum Meninggal, Bagaimana Gejala dan Penyebabnya?

"Indonesia merupakan negara dengan beban tuberkulosis tertinggi ketiga di dunia setelah India dan China," kata Ma'ruf di acara peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia secara virtual, Rabu(24/3/2021) yang dikutip dari Kompas.com.

Ma’ruf juga menyampaikan bahwa dari jumlah kasus tuberkolosis di Indonesia, baru 68 persen yang sudah ditemukan obatnya.

Artinya, 32 persen lainnya yang belum ditemukan obatnya berpotensi menjadi sumber penularan bagi masyarakat.

Baca Juga: Sedang Viral di Medsos, Ternyata Pemeran Bu Tejo Film Tilik Pernah Berjuang Mati-matian Lawan Penyakit TBC, Ini 4 Makanan yang Harus Dihindari! Salah Satunya Acar

Selain itu, menurut laporan WHO tahun 2020, ada sekitar 1,4 juta orang yang meninggal akibat penyakit ini pada tahun 2019.

Mengingat betapa bahayanya penyakit menular ini, penting untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat terhadap penyakit tuberkolosis.