Find Us On Social Media :

Rutin Sarapan Sebelum Pukul 08.30 Ternyata Bisa Menjauhkan Kita dari Diabetes Tipe 2, Ahli Jelaskan Alasannya!

By Devi Agustiana, Senin, 29 Maret 2021 | 14:55 WIB

Penelitian sebut kebiasaan sarapan bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Menurut data International Diabetes Federation (IDF) yang dikutip Kompas.com, Indonesia berstatus waspada diabetes karena menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.

Pasien pengidap diabetes di Indonesia mencapai 6,2 persen.

Artinya, ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes per tahun 2020.

Baca Juga: Alih-alih Gunakan Gula Putih, Ayudia Bing Slamet Lebih Suka Brown Sugar, Benarkah Lebih Sehat?

Nah, ada informasi penting dan menarik terkait diabetes tipe 2 (T2D).

Dilansir Grid.ID dari laman Eatthis.com, penelitian baru telah mengidentifikasi cara untuk menurunkan kadar gula darah dan resistensi insulin tanpa pergi ke gym atau ke jadwal makanan sehat, loh.

Sebuah studi baru, yang dibagikan secara virtual pada pertemuan tahunan Masyarakat Endokrin, ENDO 2021, mengungkapkan bahwa makan sebelum 08:30 dapat secara signifikan menurunkan risiko mengembangkan T2D.

Baca Juga: Terbongkar Kandungan Pisang Berdasarkan Warna Kulitnya, Ternyata Kuning dan Cokelat Justru Bahaya untuk Penderita Diabetes!

"Telah diketahui dengan baik bahwa jam sirkadian internal kita mengatur ritme hormon metabolik selama 24 jam sehari," kata ketua peneliti studi, Marriam Ali, MD.

"Ini termasuk insulin, hormon utama dalam diabetes, yang sensitivitasnya cenderung lebih tinggi di pagi hari," lanjutnya.