Find Us On Social Media :

Ngeri! Ini 5 Kondisi Tubuh Kalau Kamu Kurang Makan Serat, Termasuk Depresi dan Penyakit Jantung

By Devi Agustiana, Senin, 5 April 2021 | 05:00 WIB

Hati-hati! Ternyata bahaya kurang serat sangat fatal, di antaranya depresi pramenopause.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Bukan rahasia lagi bahwa serat adalah komponen penting dari makanan sehat.

Ada fakta baru, peneliti telah menemukan alasan lain mengapa kita harus mengisi piring dengan makanan kaya serat.

Dilansir Grid.ID dari laman Eatthis.com, sebuah studi yang diterbitkan American Society for Microbiology menemukan bahwa meningkatkan asupan serat makanan, akan berdampak sangat besar bagi pencernaan dalam waktu singkat.

Baca Juga: Pantas Saja Ussy Sulistiawaty Masih Terlihat Cantik dan Sehat Menjelang Kepala Empat, Ternyata Rutin Minum Air Putih Jadi Rahasia Istri Andhika Pratama Ini

Mahasiswa pascasarjana di University of California, Irvine (UCI) diinstruksikan untuk mengonsumsi sepuluh makanan berserat tinggi dan tidak diolah, dengan total rata-rata 25 gram serat per hari selama dua minggu berturut-turut, tak lupa dikumpulkan juga sampel tinja untuk melacak komposisi mikroba usus mereka.

Pada akhir percobaan selama 14 hari, para profesor menemukan bahwa flora usus siswa telah "berubah secara signifikan," termasuk peningkatan kelompok bakteri menguntungkan Bifidobacterium.

"Saat ini selama pandemi, ketika kami membutuhkan kesehatan kekebalan dan respons vaksin yang sehat, kami mendorong semua orang untuk memikirkan keragaman tanaman dari makanan mereka dan menambahkan beberapa kacang, beri, dan alpukat di mana mereka bisa," kata Katrine Whiteson, seorang profesor biologi molekuler.

Baca Juga: Coba Rutin Minum Air Jahe Setiap Hari, Rasakan 6 Perubahan Tak Teduga Ini Pada Tubuh!

Academy of Nutrition and Dietetics menyarankan wanita untuk mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan pria untuk mengonsumsi sekitar 38 gram (atau 14 gram per 1.000 kalori) setiap hari.

Jika asupan serat sangat kurang, maka kamu bisa saja mengalami hal-hal berikut ini.

1. Kenaikan berat badan