Find Us On Social Media :

Manfaatkan Bulan Ramadan 2021 untuk Berbisnis, Berikut Tips Memulai Bisnis Kuliner Ramadan di Tengah Pandemi

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 10 April 2021 | 17:03 WIB

Bulan Ramadan 2021 semakin dekat. Untuk mencukup kebutuhan puasa dan hari raya lebaran nanti, bagaimana jika manfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis kuliner?

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Bulan Ramadan bisa menjadi kesempatan untuk menambah penghasilan, apalagi di tengah krisis saat pandemi saat ini.

Jika kamu berencana untuk berbisnis di bulan ini, bisnis kuliner bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

Hal ini dikarenakan banyaknya makanan dan minuman musiman yang hanya muncul di bulan Ramadan dan dicari-cari oleh orang yang berpuasa.

Baca Juga: Ramadan 2021: Penderita Diabetes juga Bisa Berpuasa dengan Nyaman Kok! Yuk Ikuti Panduan Ini Supaya Gula Darah Tetap Terkontrol

Sebut saja makanan seperti kurma, kolak, es buah, es blewah, es kopyor, biji salak, hingga ketupat untuk hari lebaran nanti.

Namun perlu diperhatikan bahwa berbisnis kuliner di tengah pandemi ini juga butuh akal untuk memasarkan produk.

Sebab adanya pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah membuat pedagang tidak bisa berjualan dengan cara tradisional seperti menjajakan dagangan di pasar Ramadan.

Baca Juga: Ramadhan 2021: Berikut Kumpulan Resep Kolak untuk Sajian Takjil Berbuka Puasa

Nah, berikut ini adalah beberapa tips berbisnis kuliner Ramadan di tengah pandemi yang dikutip dari Kompas.com:

Fokus yang paling dicari

Selain makanan dan minuman khas Ramadan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Dr. Tri Siwi Agustina, S.E., M.Si. menyebutkan bahwa minuman dengan kandungan rempah-rempah juga dicari oleh pelanggan.