Find Us On Social Media :

9 Langkah Mudah Cegah Bau Mulut Selama Puasa, Kuncinya Ada di Kebiasaan Saat Sahur Ini, Apa Saja?

By Devi Agustiana, Selasa, 13 April 2021 | 16:30 WIB

Kondisi puasa dan penggunaan masker di tengah pandemi memang bisa meningkatkan masalah bau mulut. Tapi ada beberapa langkah yang bisa diandalkan untuk mengatasinya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Bau mulut saat melakukan puasa terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri, meskipun sebenarnya ini adalah hal wajar.

Mengutip laman Kompas.com, hal ini juga ditambah dengan penggunaan masker di situasi pandemi yang akan meningkatkan masalah bau mulut.

Penggunaan masker yang lama bisa membuat mulut kering.

Baca Juga: Awas Ngiler! Intip Menu Donat Kolak Buatan Stefani Horison Masterchef Indonesia

Hal ini disebabkan karena orang cenderung lebih banyak membuka mulut untuk bernapas saat mengenakan masker.

Kondisi mulut yang kering, membuat produksi air liur yang bertugas menteralkan asam di mulut menjadi berkurang pula.

Hasilnya, kadar keasaman pada rongga mulut menjadi tidak seimbang, bakteri akan lebih rentan berkembang biak di sekitar mulut, sehingga menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Kemenag Izinkan Bukber 50 Persen dari Kapasitas Ruangan, Simak Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Buka Puasa Agar Kondisi Perut Aman

Sementara itu, menurut British National Health Service (NHS), ada sejumlah kemungkinan penyebab bau mulut (halitosis), seperti kebersihan mulut yang buruk, merokok, beberapa makanan dengan rasa yang kuat, pola makan yang tidak teratur, obat-obatan, dan puasa.

Saat melakukan puasa, terkadang kita merasa kurang percaya diri karena bau mulut akibat kekurangan air itu.

Tapi tenang saja, dilansir Grid.ID dari Egypttoday.com, kita dapat dengan mudah mengatasi masalah bau mulut selama melakukan puasa, ikutin 9 langkah berikut ini: