Find Us On Social Media :

Ingin Rumah Lebih Rapi? Coba 5 Trik Bersihkan Rumah ala Jepang Ini!

By Yussy Maulia, Sabtu, 24 April 2021 | 14:27 WIB

KonMari, metode membereskan rumah ala Marie Kondo yang turut ditayangkan dalam acara Tidying Up with Marie Kondo di Netflix.

Grid.id – Rumah yang bersih dan tertata rapi tentu jadi impian banyak orang. Tak hanya enak dilihat, rumah yang bersih juga bisa membuat penghuninya lebih nyaman dan sehat.

Terlebih pada Ramadhan tahun ini,  rumah juga menjadi tempat utama untuk berkumpul bersama keluarga. Suasana rumah yang nyaman bisa membuat momen bersama keluarga menjadi lebih spesial.

Namun, membersihkan rumah kerap dianggap sebagai pekerjaan yang berat. Barang-barang yang enggak terorganisir dan kondisi rumah yang kotor seringkali membuat orang bingung ingin mulai dari mana.

Oleh karenanya, penata rumah profesional asal Jepang sekaligus penulis buku best-seller “The Life-Changing Magic of Tidying Up” Marie Kondo memperkenalkan metode KonMari.

Metode KonMari merupakan metode membersihkan rumah yang berfokus pada membereskan barang sesuai kategori, bukan ruangan.

Baca Juga: Agar Tidak Stress Bekerja di Rumah, Inilah Tips Ubah Rumah Jadi Tempat Kerja Ala Marie Kondo, Komuniksi dengan Orang Serumah Penting!

Metode ini mengusung slogan “Does it spark joy?”, yang bermakna barang-barang yang kamu miliki saat ini harus memiliki nilai dan membuatmu bahagia. Artinya, saat membersihkan rumah kamu harus siap membuang barang-barang yang enggak lagi menghadirkan perasaan bahagia.

Nah, ada lima hal yang bisa kamu lakukan agar sukses mengimplementasikan metode KonMari. Dikutip dari Good House Keeping, Jumat (11/1/2019), yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Bayangkan rumah dan lifestyle impianmu

Saat ingin memulai bersih-bersih rumah, terkadang timbul rasa malas gerak (mager) yang akhirnya membuatmu memilih untuk melakukan pekerjaan yang lain.

Nah, menurut Kondo, langkah pertama untuk membangun motivasi membersihkan rumah adalah dengan membayangkan rumah impianmu dan lifestyle sehari-hari.

Kamu bisa coba bayangkan penataan rumah seperti apa yang akan membuatmu nyaman dan barang-barang apa yang bisa membantumu beraktivitas.