Find Us On Social Media :

Sudah Divaksin HPV, Prilly Latuconsina Ungkap Peran Almarhumah Julia Perez dalam Meningkatkan Kesadarannya Akan Kanker Serviks

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 27 April 2021 | 19:50 WIB

Sebagai Duta Cegah Kanker Serviks, Prilly Latuconsina aktif dalam mengkampanyekan pentingnya vaksinasi HPV.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDVaksinasi HPV adalah cara yang paling efektif untuk melindungi tubuh dari infeksi HPV, termasuk kanker serviks.

Kanker serviks sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang leher rahim wanita dan disebabkan oleh infeksi Human pappilomavirus atau HPV.

Di Indonesia, kanker serviks menempati posisi kedua sebagai kanker yang paling banyak diderita wanita Indonesia setelah kanker payudara.

Bahkan, menurut data GLOBOCAN tahun 2020, angka kematian karena kanker serviks meningkat 15 persen dibandingkan tahun 2018 dan membunuh 57 wanita Indonesia setiap harinya.

Sadar akan bahayanya kanker serviks, Prilly Latuconsina yang juga merupakan Duta Cegah Kanker Serviks pun mengaku sudah melakukan vaksinasi HPV.

Baca Juga: Turut Peringati Hari Perempuan Internasional, Prilly Latuconsina Unggah Potret Saat Pole Dance dan Tulis Kalimat Bijak: Wanita dapat Lakukan Apapun yang Mereka Putuskan

Hal ini disampaikannya ketika menghadiri Webinar “Girl Power: Living Life to The Fullest” yang diadakan oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS) dan dihadiri Grid.ID pada Selasa (27/4/2021).

“Yang pasti, aku sudah vaksin HPV. Jadi sebelum aku diangkat menjadi duta, aku sudah vaksin duluan,” ungkap aktris berusia 24 tahun ini.

Prilly pun bercerita bahwa awal mula dirinya tergerak untuk melakukan vaksinasi HPV adalah karena tantenya yang pernah meninggal karena kanker serviks.

Selain itu, kedekatannya dengan almarhumah Julia Perez yang juga meninggal karena penyakit yang sama, membuat Prilly semakin tergugah.

“Kebetulan aku punya tante yang dulunya meninggal karena kanker serviks dan waktu itu aku dekat sekali dengan almarhumah kak Julia Perez,” ujar Prilly.