Grid.ID – Bagi seller online di marketplace, reputasi atau jumlah bintang yang dipunya oleh toko adalah hal yang penting. Baik seller yang sudah lama berkecimpung di marketplace maupun yang baru merintis tentu tidak ingin mendapat rating kecil.
Pasalnya, rating toko merupakan bahan pertimbangan konsumen untuk membuat keputusan berbelanja. Selain itu, rating yang baik akan membantu membangun brand.
Memperoleh rating tinggi juga tidaklah mudah. Seller perlu mengerahkan beragam upaya, mulai dari menjaga konsistensi brand hingga memberi pelayanan super prima.
Sayangnya, rating tidak kunjung naik, bahkan turun dari yang sebelumnya diperoleh sangat mungkin terjadi. Salah satu alasannya, seller kurang detail dalam pengemasan produk (packaging).
Bayangkan, sudah capek-capek memberikan pelayanan prima, ternyata rating yang diberikan tidak sampai bintang lima. Alasannya, konsumen merasa pengemasan produk dilakukan asal-asalan atau kurang aman sehingga barang yang dibeli rusak ketika sampai di tangan mereka.
Kalau sudah begini, konsumen lama bisa saja kehilangan minat untuk berbelanja kembali. Melihat rating dan ulasan yang buruk soal pengemasan, konsumen baru akan mengurungkan niat untuk belanja.
Nah, agar kasus di atas tidak terjadi, ada beberapa tips pencegahan yang bisa kamu lakukan.
1. Menggunakan dus atau amplop khusus
Mengemas pesanan sebelum dikirimkan kepada pelanggan merupakan aturan umum dalam berjualan online. Selain mencegah kerusakan, proses pengemasan barang juga dianggap sebagai salah satu bentuk perlindungan privasi pelanggan.
Untuk memberikan kesan terbaik kepada pelanggan, memerhatikan material kemasan yang tepat dan kesesuaiannya dengan ukuran barang sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa berinvestasi dengan menggunakan amplop atau dus khusus untuk menutupi seluruh permukaan barang dengan ketebalan tertentu agar aman dari guncangan.