Find Us On Social Media :

Lawan Covid-19, Seluruh Elemen Masyarakat Bersinergi Lakukan Aksi Sosial

By Yussy Maulia, Kamis, 22 Juli 2021 | 12:46 WIB

Dialog Produktif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Disiarkan melalui kanal YouTube FMB9ID_IKP, Rabu (21/7/2021).

Grid.id - Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar bagi masyarakat, baik dari segi kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Kondisi tersebut mendorong sinergi dari berbagai pihak untuk meringankan beban masyarakat.

Pemerintah telah menunjukkan dukungannya bagi masyarakat agar dapat bertahan menghadapi pandemi Covid-19. Salah satunya, melalui pemberian bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat.

Saat ini, Presiden Joko Widodo memberikan jaminan agar pihak yang berwenang tidak perlu takut untuk menyalurkan bansos, asalkan memenuhi prinsip akuntabilitas.

Hal itu disampaikan oleh Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden Dr. Panutan Sulendrakusuma dalam acara Dialog Produktif yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Rabu (21/7/2021).

"Hal lainnya adalah dilakukan pula rapat terbatas bersama kepala daerah untuk mendorong agar penyerapan anggaran, khususnya anggaran perlindungan sosial,” jelasnya.

Baca Juga: Tunjukkan Hasil Baik, Program PEN di Dua Kementerian Ini Terus Berjalan

Sinergi dari masyarakat tercermin pada perayaan Idul Adha 2021. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mencatat, jumlah masyarakat yang berkurban melalui program kurban online meningkat tahun ini.

Sebagai informasi, daging kurban yang diperoleh dari program Baznas tersebut akan disalurkan secara khusus kepada masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi selama pandemi.

Ketua Baznas KH Noor Achmad mengatakan, kurban online tahun ini pun memiliki peminat 70 persen lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

"Bahkan dari target kami yakni setara 4000 ekor kambing, (capaian kurban) sudah mencapai lebih dari 120 persen atau lebih (banyak) 20 persen dari target,” terang Achmad.

Selebritas turut tularkan virus kebaikan

Di tengah kondisi yang serba tak menentu seperti sekarang, banyak masyarakat yang juga tergerak untuk melakukan kebaikan ke sesama. Salah satunya, selebritas Imam Darto yang merupakan penyintas Covid-19.