Find Us On Social Media :

Rahasia Bisnis Lokal Legendaris Masih Eksis, Deretan Bos dari Perusahaan Terkenal Ini Ungkap Trik Mereka Bersama Shopeepay Talk

By Anggita Nasution, Kamis, 12 Agustus 2021 | 20:24 WIB

Denny Santoso, Pakar Digital Marketing dan Founder & CEO Tribelio. Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay. Mayland Hendar Prasetyo selaku Deputy Vice President BD, E-commerce, and Partnership JNE. Dimas Setyo Jatmiko selaku Business Development Manager Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggita Nasution

Grid.ID - Menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia, ShopeePay Talk, sebuah platform diskusi interaktif bulanan yang diinisiasi ShopeePay untuk membahas berbagai topik dan informasi yang ringan, trendy dan insightful hadir dengan tema Adaptasi Lintas Generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri.

ShopeePay mengundang pembicara dari bisnis-bisnis legendaris yakni JNE dan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk yang mengungkapkan pentingnya melakukan riset pasar dan berinovasi, serta pakar digital marketing Denny Santoso yang menjelaskan pentingnya memaksimalkan strategi pemasaran untuk dapat bertahan lintas generasi.

 

ShopeePay juga menghadirkan kampanye ShopeePay 17.8 Semangat UMKM Lokal bersamaan dengan ShopeePay Talk sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan UMKM bertahan selama pandemi.

 

Melalui kampanye ini, ShopeePay ingin bergerak bersama masyarakat dalam membantu UMKM bertahan dengan mendorong transaksi pada bisnis mereka khususnya di momen kemerdekaan.

“ShopeePay selalu berkomitmen untuk membantu perjuangan mitra usaha kami untuk tumbuh semakin besar. Beragam inovasi dan program terus kami hadirkan khususnya untuk pelaku UMKM agar bisnis tetap dapat berputar selama masa sulit ini," ungkap Eka Nilam Dari selaku Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay saat press conference virtual, Kamis (12/8/2021).

Baca Juga: Jawa Barat Naik Kelas, Ridwan Kamil Resmikan Kampus UMKM Shopee Ekspor bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat

"Selama 76 tahun, UMKM menjadi salah satu pendorong ekonomi Indonesia untuk terus tumbuh. Mereka juga senantiasa berjuang menghadapi gempuran inovasi teknologi dan perubahan zaman demi sukses dalam bertahan."

"Kami harap kampanye 17.8 Semangat UMKM Lokal dan ruang diskusi yang kami hadirkan hari ini dapat memberikan wawasan lebih bagi para pelaku UMKM yang sedang berjuang mengembangkan usahanya hingga lintas generasi," ungkap Eka Nilam lagi.

Meski terus digempur dengan berbagai perubahan, beberapa bisnis legendaris telah sukses memenangkan pasar dengan berpegang pada prinsip beradaptasi.

JNE dan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk contohnya. Mereka telah berhasil memenangkan pasar selama lebih dari dua dekade berkat riset, adaptasi dan tentunya inovasi.

Berikut adalah sejumlah strategi bisnis dan pandangan dari pakar digital marketing Denny Santoso yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis manapun agar mampu bertahan melintasi generasi.

Baca Juga: Punya Arti Mendalam! Jelang HUT ke-76 RI, Yuk Simak Makna dari Tema Hari Kemerdekaan Indonesia Tahun Ini

1. Pahami konsumen lewat riset pasar

Untuk menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, serta menghadirkan customer journey yang nyaman dan optimal, suatu bisnis harus melakukan riset pasar secara komprehensif dan melakukan penyesuaian berdasarkan dengan hasil riset tersebut.

“Kami melakukan riset pasar secara rutin guna menghadirkan varian menu baru dan memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan kami. Selain itu, kami juga menerima pembayaran melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay karena hasil riset kami menunjukkan bahwa pelanggan cenderung memilih metode pembayaran yang praktis dan aman, terutama pada masa pandemi,"

"Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan,” ujar Dimas Setyo Jatmiko selaku Business Development Manager Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk.

2. Inovasi sesuai kebutuhan pasar

Agar bisnis dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman, harus dipastikan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan dapat menjawab permasalahan di hidup para pelanggan.

“Sejak didirikan pada tahun 1990, dan sesuai dengan semangat “Connecting Happiness” yaitu mengantarkan kebahagiaan untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, JNE senantiasa mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi,"

"Kini pelanggan dapat dengan mudah melacak paket yang mereka kirimkan melalui website dan aplikasi MyJNE dan melakukan pembayaran dengan praktis dan aman menggunakan layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.” kata Mayland Hendar Prasetyo selaku Deputy Vice President BD, E-commerce, and Partnership JNE.

Baca Juga: Seolah Sudah Tau Perselingkuhan Raffi Ahmad dengan Ayu Ting Ting, Kartu Amy Qonita Justru Dibuka Syahnaz Sadiqah, Adik Ipar Nagita Slavina: Mama Intel!

3. Maksimalkan berbagai kanal pemasaran

Media sosial bisa menjadi sebuah kanal pemasaran yang kuat bagi bisnis jika didukung dengan kehadiran di platform e-commerce dan pengadopsian layanan pembayaran digital.

“Setelah tantangan mendefinisikan dan membangun identitas bisnis, atau produk dan layanan, telah dilewati, bisnis harus memaksimalkan upaya pemasaran mereka menggunakan berbagai kanal pemasaran seperti media sosial yang cocok untuk segmen pasar yang mereka sasar."

"Pelaku bisnis juga bisa menggali dan saling bertukar informasi melalui komunitas bisnis, seperti Tribelio, untuk memastikan mereka mengetahui tren terbaru yang bisa mereka manfaatkan untuk pemasaran mereka. Salah satu contohnya adalah menonjolkan promo menarik yang ditawarkan oleh penyedia layanan pembayaran digital seperti ShopeePay,” ujar Denny Santoso, Pakar Digital Marketing dan Founder & CEO Tribelio.

Tribelio adalah platform media sosial berbasis komunitas yang dapat membantu para content creator, brand, atau pelaku bisnis untuk saling bertemu dan membuat komunitas mengenai bidang usaha yang mereka tekuni.

Kedepannya, ShopeePay Talk akan terus dihadirkan setiap bulan dengan tema-tema yang menarik untuk berdiskusi dan berbagi informasi dari perspektif bisnis secara ringan, trendy, dan insightful. Nantikan ShopeePay Talk episode berikut dengan tema dan narasumber menarik lainnya.

 

(*)