Find Us On Social Media :

Bisa Bikin Nyawa Seisi Rumah Terancam, Jangan Malas Sikat Gigi Kalau Tak Mau Idap Penyakit Mematikan Ini

By Rissa Indrasty, Rabu, 29 September 2021 | 06:50 WIB

Ilustrasi. Peneliti menyebutkan fakta bahwa mereka yang malas dan jarang menyikat gigi, akan mengundang salah satu penyakit mematikan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Menyikat gigi adalah kegiatan wajib yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan gigi tidak boleh dianggap sepele.

Pasalnya, ternyata malas menyikat gigi bisa menjadi pemicu kanker.

Dikutip Grid.ID melalui Kompas.com, Selasa (28/9/2021), para ilmuwan di Swedia menemukan bahwa peningkatan plak pada gigi telah dikaitkan dengan risiko kematian dini akibat kanker.

Penelitian ini merupakan sebuah studi observasional yang dipublikasikan secara online dalam British Medical Journal Open, melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009.

Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanyai terkait faktor-faktor kemungkinan akan peningkatan risiko kanker, termasuk menilai kebersihan mulut mereka. 

Setelah kurun waktu 24 tahun, 58 pasien meninggal  dan 35 di antaranya akibat kanker.

Mereka yang meninggal secara signifikan memiliki jumlah plak gigi jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada partisipan yang telah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

Peneliti mencatat, partisipan yang meninggal memiliki indeks skor antara 0,84 sampai 0,91 - yang menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi ditutupi plak - sedangkan mereka yang masih hidup memiliki skor lebih rendah 0,66-0,67 - yang menunjukkan cakupan plak hanya sebagian saja.

Rata-rata usia kematian adalah 61 tahun pada perempuan dan 60 tahun untuk pria.

Baca Juga: Awas, Bisa Bikin Mati Muda! Ternyata 5 Kebiasaan yang Kerap Dilakukan Ini Berdampak Ngeri Bagi Kesehatan, Salah Satunya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud