Find Us On Social Media :

Dipimpin oleh Accel, Pluang Raih Pendanaan Tambahan Senilai 55 Juta Dollar AS

By Yussy Maulia, Rabu, 12 Januari 2022 | 16:11 WIB

Tim Pluang Indonesia.

Grid.id – Pluang, aplikasi investasi fraksional yang kini menjadi salah satu perusahaan start-up di bidang wealth tech, meraih pendanaan sebesar 55 juta dollar Amerika Serikat (AS). Pendanaan tersebut dipimpin oleh perusahaan modal ventura, Accel.

Investasi tersebut merupakan lanjutan dari pendanaan seri B yang diumumkan sebelumnya. Dengan begitu, total pendanaan yang dikantongi Pluang sepanjang 2021 telah mencapai 110 juta dollar AS.

Selain Accel, investor yang terlibat dalam putaran investasi kali ini adalah Trung Nguyen, Andy Ho, Aleksander Leonard Larsen, pendiri Axie Infinity Jeffrey Zirlin, mantan CEO Learnvest Alexa von Tobel, dan Chief Technology Officer (CTO) Pismo Daniela Binatti.

Kemudian, terdapat Co-CEO Public.com Jannick Malling dan Leif Abraham, CEO FalconX Raghu Yarlagadda, CEO Flink Sergio Jimenez, The Chainsmokers, Gold House, BRI Ventures, serta investor yang pernah bekerjasama dengan Pluang sebelumnya seperti Square Peg, Go-Ventures, UOB Venture Management, dan Openspace Ventures.

Baca Juga: Dorong Investasi Berkelanjutan, Pluang Rilis Reksa Dana Batavia Global ESG Sharia Equity USD

Dengan pendanaan yang melibatkan sejumlah investor baru tersebut, Pluang berkomitmen untuk terus memudahkan dan membuka akses investasi di beragam kelas aset kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia terlepas dari latar belakang dan tingkat pendapatannya.

Co-founder Pluang Claudia Kolonas mengatakan, kemudahan akses digital ke berbagai produk investasi adalah kunci utama dalam meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan baik di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

“Dengan pendanaan tambahan ini, tim kami bisa mempercepat momentum dan menyediakan alat, sumber daya, pengetahuan, serta wawasan yang diperlukan agar lebih banyak masyarakat mampu menciptakan kekayaan jangka panjang. Kami sangat senang memiliki investor kelas dunia seperti Accel, dan juga para investor baru kami, yang mendukung Pluang untuk bertumbuh ke tingkatan selanjutnya,” kata Claudia dalam keterangan resmi yang diterima Grid.id, Senin (10/1/2022).

Sementara itu, perwakilan partner dari Accel, Ethan Choi mengatakan, pertumbuhan aplikasi Pluang dalam menghadirkan akses investasi dalam satu aplikasi cukup mengesankan.

“Kami sangat terkesan dengan tim Pluang yang telah mengembangkan produk keuangan yang tersedia untuk masyarakat umum dan menjadi satu-satunya pemain yang menyediakan beberapa kelas aset dalam satu aplikasi, termasuk akses ke Indeks Saham AS, dalam kurun dua tahun saja,” kata Ethan.

Baca Juga: Perbanyak Pilihan Investasi, Pluang Hadirkan 15 Produk Reksa Dana Baru

Untuk diketahui, aksi korporasi yang dilakukan Pluang ini sejalan dengan tingginya tingkat penetrasi internet dan penggunaan smartphone di Indonesia. Oleh karena itu, diharapkan Pluang dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.