Find Us On Social Media :

Vaksin Booster Dimulai Hari Ini, Ahli Sebutkan Alasan Pentingnya Mendapatkan Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga untuk Perlindungan Ekstra

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 12 Januari 2022 | 17:47 WIB

Peneliti mengungkapkna pentingnya vaksin dosis ketiga atau vaksin booster untuk perlindungan dari Covid-19.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Pemerintah Indonesia telah memulai program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster hari ini, Rabu (12/1/2022).

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa program vaksin booster ini diberikan gratis untuk masyarakat demi keselamatan rakyat.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama," ujar Jokowi dalam keterangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1/2022) via Kompas.com.

Ada beberapa golongan masyarakat yang menjadi prioritas penerima vaksin booster yaitu lansia usia 60 tahun ke atas dan kelompok rentan.

Sedangkan syarat penerima vaksin booster di antaranya adalah:

- Berusia 18 tahun

- Sudah menerima dosis kedua paling tidak enam bulan sebelumnya

- Prioritas warga yang tinggal di kabupaten atau kota yang telah mencatatkan pencapaian vaksinasi dosis pertama 70 persen dan dosis kedua 60 persen

Lantas, apa sih alasan pentingnya vaksin booster padahal sudah vaksin dua kali? Berikut penjelasan ahli.

 Baca Juga: ‘Saya Dibayar Rp 100 Ribu Hingga Rp 800 Ribu’ Kata Seorang Pria yang Jadi Joki Vaksin Covid-19 Sebanyak 16 Kali, Ternyata Ini Efeknya Bagi Tubuh

Alasan mengapa vaksin booster diperlukan adalah karena peneliti percaya bahwa vaksin dosis ketiga lebih efektif mencegah paparan Covid-19.