Find Us On Social Media :

Makam Megah Milik Putri Cleopatra Ditemukan di Aljazair, Tanda Salib Menghiasi Bangunannya

By None, Senin, 17 Januari 2022 | 13:33 WIB

ilustrasi tulisan hieroglif

Grid.ID - Kisah Cleopatra yang digambarkan sebagai Putri Mesir tercantik hingga kini begitu melegenda.

Siapa sangka, ternyata peneliti menemukan sebuah situs kuno yang dipercaya sebagai makam putri Cleopatra.

Makam tersebut memiliki keunikan karena berhias simbol salib di dindingnya.

Monumen ini masuk Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1982.

Bangunan yang disebut sebagai Mausoleum Juba dan Cleopatra Selene ini dapat ditemui di jalan yang terletak di antara kota Aljir dan Cherchell, tepatnya terletak di Tipaza, Aljazair.

Mausoleum adalah situs peradaban kuno yang sangat penting bagi Aljazair bersama dengan sejarahnya.

"Tempat itu menjadi penting karena merupakan tempat peristirahatan terakhir Juba II dan Cleopatra Selene II, yang merupakan raja dan ratu terakhir Mauretania. Makam ini dibangun pada 3 SM," tulis Micah Spangler.

Ia menulis tentang jejak situs arkeologi Mausoleum kepada Atlas Obscura, dalam artikelnya berjudul Royal Mausoleum of Mauretania, Tipaza, Algeria: The original resting place of Queen Cleopatra and Mark Antony's only daughter, yang dipublikasikan pada 2019.

Di antara peninggalan terbesarnya, terdapat makam megah dan menakjubkan dari putri satu-satunya, dari salah satu pemimpin paling terkenal dalam sejarah, Ratu Cleopatra.

Baca Juga: 5 Fakta Mengejutkan Tentang Lidah Buaya Ini Jarang Orang Tahu, Ternyata Sudah Digunakan Sejak Zaman Ratu Mesir Cleopatra Loh

"Mausoleum adalah makam dimana anak semata wayang Cleopatra VII (Ratu Ptelomeus Mesir), bernama Cleopatra Selene II," tulisnya.

Sayang kisah hidup Putri Cleopatra Selene II kurang dikenal.