Find Us On Social Media :

4 Nutrisi Penting untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

By Nana Triana, Selasa, 18 Januari 2022 | 18:16 WIB

Grid.ID – Pada usia pertumbuhan, anak-anak membutuhkan berbagai asupan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik anak akan memiliki pertahanan yang baik dari serangan berbagai virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit.

Anak-anak yang tidak mudah sakit pertumbuhannya akan lebih baik. Sebab, siklus infeksi penyakit yang berulang dapat menghambat pertumbuhan anak. Mengutip dari situs bppsdmk.kemkes.go.id, saat tubuh anak berupaya lebih melawan penyakit, kemampuan penyerapan gizinya pun akan berkurang.

Kendati daya tahan tubuh bisa terbentuk dengan cara alami, orangtua perlu berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Salah satunya, dengan memberikan asupan makanan bergizi dan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan anak.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

1. Zinc

Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang berfungsi dalam reaksi metabolisme tubuh. Kandungan mineral ini akan mendukung fungsi sistem daya tahan tubuh sehingga mampu melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Selain itu, zinc juga dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyatakan pemberian suplementasi zinc secara rutin untuk membantu mengatasi diare pada anak di bawah lima tahun (balita).

Baca Juga: Hindari Memberikan 5 Makanan Ini Untuk Anak-Anak Selama Musim Hujan!

Melansir Medicalnewstoday.com, zinc terbukti mengurangi peradangan kronis yang menjadi penyebab sindrom metabolik, kanker, hingga penurunan fungsi otak. Meski demikian, asupan zinc tentunya tetap perlu dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Oleh sebab itu, ibu perlu memastikan memberikan si kecil berbagai jenis makanan yang kaya

akan zinc seperti gandum, produk olahan susu, daging merah, daging unggas, kerrang dan udang, juga berbagai jenis kacang-kacangan.

2. Zat Besi