Find Us On Social Media :

Dijamin Hemat Uang Belanja Bulanan, Beras di Rumah Bakal Awet Tanpa Kutu, Ternyata Cuma Modal Bawang Putih atau Bahan ini, Caranya?

By None, Jumat, 21 Januari 2022 | 05:55 WIB

Beras Dijamin Hemat Tanpa Takut Kutu, Tinggal Simpan dengan Deretan Bahan ini Agar Awet Anti Rusak, Gimana Caranya?

Baca Juga: Terungkap Kenapa Nasi Warteg Lebih Nikmat! Pemilik Ternyata Pakai Cara Masak Sederhana dengan Modal Masak Beras Pakai Air Mendidih, Kok bisa?

Grid.ID - Menjadi bahan makanan pokok, beras menjadi hal yang wajib ada di dapur.Dilain sisi, banyak masyarakat yang dibikin sebal karena beras mereka mudah diserbu kutu yang membuat beras jadi rusak.Namun tak perlu risau, ternyata cuma modal deretan bahan ini, salah satunya bawang putih, bisa bikin beras jadi awet saat disimpan lama, caranya?Beras merupakan salah satu bahan makanan yang bisa awet hingga berbulan-bulan dengan penyimpanan yang tepat.Tidak heran sebagian besar orang kerap membeli beras dalam jumlah yang banyak untuk kebutuhan sehari-hari.Nah biasanya, beras ini akan diletakkan dalam kotak penyimpanan beras.Namun, alih-alih bisa awet, beras terkadang justur berkutu.Alhasil baunya jadi tengik dan tidak pulen lagi.Tapi tenang saja, ternyata bawang putih bisa jadi solusi menghilangkan kutu beras.

Baca Juga: Gak Perlu Keluar Duit Beli Beras Mahal, Ternyata Cuma Kasih Tepung ini Bikin Nasi Jadi Pulen dan Nikmat, Caranya?Cara Menghilangkan Kutu BerasKutu beras kerap menjadi musuh bebuyutan ibu rumah tangga di rumah.Pasalnya jika muncul pada beras, kutu ini membuat kualitas beras tidak bagus lagi.Selain jadi tidak pulen, aroma beras juga jadi tidak sedap.Nah jika Anda bingung bagaimana cara mengusirnya, rupanya salah satu caranya menggunakan bawang putih.Beberapa siung bawang putih juga bisa mengusir kutu beras secara ampuh.Bawang putih memiliki aroma yang kuat dikhawatirkan bisa mengubah rasa beras.Simpan bawang putih di kantong kain kecil agar penggunaan bawang putih tetap aman.Namun, jika Anda takut nasi Anda akan bau bawang putih, Anda bisa menggunakan beberapa cara lain.

Baca Juga: Gak Perlu Impor Beras Luar Negeri, Ternyata ini Trik Bikin Nasi Pulen ala Restoran Jepang Anti Gagal, Cuma Tambahkan Es Batu di Rice Cooker1. Daun salamCara menghilangkan kutu beras secara alami adalah dengan menaruh daun salam ke dalam tempat beras.Daun salam memiliki aroma kuat yang tidak disukai kutu beras.Caranya, keringkan daun beras di bawah sinar matahari atau di dalam oven.Kemudian, taruh daun beras ke dalam kotak penyimpanan beras.2. CengkehMenaruh cengkeh ke dalam butiran beras juga bisa mengusir kutu.Seperti daun salam, cengkeh juga memiliki aroma yang tidak disukai kutu.Namun, cara menghilangkan kutu yang satu ini agak berisiko karena bisa mengubah rasa beras.

Baca Juga: Modalnya Cuma Bawang Putih, Beras di Rumah Nggak Bakal Kutuan Lagi Meskipun Disimpan Berbulan-bulan, Ibu-ibu Wajib Simak Nih!Taruh beberapa cengkeh di mangkuk kecil dan letakkan di tengah-tengah butiran beras.Hal ini juga memudahkanmu mengambil cengkeh saat kutu sudah keluar dari beras.3. Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahariKalau Anda enggan untuk memilih satu per satu kutu di dalam beras, tuang beras yang sudah berkutu di atas kertas.Lalu, ratakan beras.Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari.Pastikan disekitar tempat menjemur beras tidak lembab atau pun basah.Jemur beras kurang lebih selama 15 menit atau hingga kutu keluar dari beras.4. Simpan beras di dalam lemari es

Baca Juga: Terungkap Kenapa Nasi Warteg Lebih Nikmat! Pemilik Ternyata Pakai Cara Masak Sederhana dengan Modal Masak Beras Pakai Air Mendidih, Kok bisa?Simpan beras yang berkutu di dalam lemari es atau freezer untuk mengusir kutu beras.Simpan selama 3 hari lamannya.Menyimpan beras di dalam lemari es juga bisa menghindari kutu yang bersarang di butiran beras.Mulai sekarang kutu Anda bisa lenyap seketika.Selamat mencoba!Cara Memasak Nasi Agar PulenJika Anda menginginkan nasi pulen tanpa perlu susah-susah memasak, salah satu triknya adalah dengan satu sendok tepung maizena.Rupanya menambahkan tepung maizena ini juga menjadi salah satu rahasia cara memasak nasi ala jepang yang hasilnya bisa pulen dan merekah.Anda pun tak usah lagi ke restoran Jepang untuk mendapatkan nasi pulen yang merekah.

Baca Juga: Awalnya Cuma Iseng Meletakkan Jahe ke Dalam Wadah Penyimpanan Beras, Seorang Ibu Rumah Tangga Justru Kaget Ketika Melihat Hal Menakjubkan IniDikutip dari Kompas.com, Chef Kiky Ceria membongkar satu bahan yang wajib dicampur saat menanak nasi agar terasa seperti nasi Jepang.Mungkin kamu mengira restoran Jepang menggunakan beras khusus yang membuat nasi mereka menjadi pulen, wangi, dan putih bersih.Namun, apakah mereka benar menggunakan nasi khusus yang berbeda dengan nasi yang dimakan sehari-hari?Mungkin saja, tetapi dengan nasi biasa pun kamu juga bisa meniru nasi pulen ala restoran Jepang ini.Rahasianya ada pada tambahan tepung maizena.Tips ini diungkapkan oleh Chef Kiky Ceria usai Indonesian Cooking Class yang diadakan oleh Culinaria Modena di Modena Experience Center, Jakarta.Caranya adalah dengan membubuhkan satu sendok makan tepung maizena saat memasak dua cangkir beras.Aduk rata hingga larut dan masak seperti biasa di rice cooker.Jangan lupa,takaran air dan beras juga sangat penting untuk mencegah nasi menjadi lembek.

Baca Juga: Ngapain Buang Uang Buat Beli Baru? Modal Segenggam Beras Bisa Bikin Panci Gosong Kembali Kinclong, Ibu Rumah Tangga Ini Sampai Nggak Percaya Lihat Hasilnya"Jadi (tepung maizena) dicampur dengan beras dan air sebelum menyalakan penanak nasi," tutur Chef Kiky Ceria."Bukan sagu ya, kalau sagu nanti jadinya cireng," kelakar Chef Kiky sambil tertawa.Bahan tambahan lain yang bisa menjadikan nasi biasa terasa pulen dan enak seperti nasi Jepang adalah biji-bijian.Artikel ini telah tayang di Sajiansedap.com dengan judul

Saking Bersihnya! Beras di Rumah Tak Pernah Berkutu Lagi, Modalnya Cuma Pakai Bawang Putih, Bikin Awet sampai Berbulan-bulan

 (*)