Find Us On Social Media :

1 dari 4 Anak Indonesia Mengalami Stunting, Harian Kompas dan Danone Indonesia Berikan Edukasi Pentingnya Awareness Masyarakat untuk Mencegah Tengkes

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 26 Januari 2022 | 18:06 WIB

Webinar yang diadakan Harian Kompas dan Danone Indonesia berjudul "Bersama Cegah Stunting, Wujudkan Generasi Sehat di Masa Depan" pada Rabu (26/1/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDStunting pada anak hingga saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia yang belum terselesaikan.

Berdasarkan data, jumlah kasus stunting di Indonesia masih berada di angka 24,4 persen di tahun 2021.

Artinya, ada satu dari empat anak di Indonesia yang mengalami stunting atau tengkes.

Walau sudah mengalami penurunan yang tadinya 27,7 persen di tahun 2019, angka ini masih dianggap kurang cukup.

Apalagi mengingat target pemerintah Indonesia untuk menurunkan angka stunting di tahun 2024 sebanyak 14 persen.

Untuk itu, Harian Kompas bersama Danone Indonesia menyelenggarakan Webinar bertajuk “Bersama Cegah Stunting, Wujudkan Generasi Sehat di Masa Depan”.

Acara ini diselenggarakan secara daring pada Rabu (26/1/2022) dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 Januari.

Tak tanggung-tanggung, acara ini menghadirkan beberapa narasumber penting seperti Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes RI Dr. Dhian P. Dipo MA, Kepala BKKBN RI dr. H. Hasto Wardoyo, Dokter Spesialis Anak & Guru Besar FKUI Prof. dr. Damayanti Rusli Sjarif, dan Communications Directors Danone Indonesia Arif Mujahidin.

Baca Juga: Bayi Dua Tahun Rawan Kekurangan Gizi dan Berisiko Stunting, Simak Prinsip Pemberian Makan Sesuai Tahapan Anak Menurut Ahli Gizi UGM

Stunting atau tengkes sendiri merupakan kekurangan gizi anak di 1000 hari pertama kehidupan yang berlangsung lama dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Menurut Prof. Damayanti, stunting disebabkan oleh dua hal yaitu asupan gizi yang kurang dan kebutuhan gizi yang meningkat.