Find Us On Social Media :

Murah Meriah, Bergizi Lagi! Ini Dia yang Akan Dirasakan Tubuh Kalau Makan Sahur dengan Telur Rebus, Lakukan Saat Ramadan 2022 Nanti

By Devi Agustiana, Jumat, 11 Maret 2022 | 18:11 WIB

Telur rebus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, jadi sangat baik dijadikan menu santap sahur.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.ID – Bebicara mengenai menu santap sahur, memang sangat perlu diperhatikan.Sebab tubuh akan menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam, maka menu makan sahur harus bergizi dan seimbang.Mengutip Kompas.com, menu makan sahur harus terdiri dari kombinasi antara protein, sayur, buah, dan air.Apabila menu sahur hanya didominasi karbohidrat, maka kadar gula darah akan melonjak dan menyebabkan rasa cemas serta mudah lapar.Adapun jenis protein yang bisa disantap untuk menu sahur adalah telur.Agar lebih maksimal, sebaiknya telur direbus saja.Apabila mau digoreng, bisa menggunakan minyak nabati agar lebih sehat.Telur memang salah satu asupan sahur yang tepat.

Baca Juga: Pantas Orang Zaman Dulu Umurnya Lebih Panjang, Ternyata Rahasianya Rutin Makan Sebutir Telur Rebus Sebelum Tidur, Yuk Praktikkan Mulai Nanti Malam!

Selain murah meriah, telur juga sangat kaya akan kandungan gizi.Berikut Grid.ID telah melansirnya dari Times of India, Jumat (11/3/2022), berbagai keunggulan dari telur rebus:1. Meningkatkan metabolismeMakan makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme melalui proses yang disebut efek termis makanan.Itu terjadi karena tubuh perlu menggunakan kalori ekstra untuk mencerna dan mengolah nutrisi dalam makanan.Makan telur rebus membantu orang membakar lebih banyak kalori daripada makan karbohidrat atau lemak.Ini akan memberikan dorongan dalam metabolisme.2. ​Membantu menurunkan berat badanTelur rebus adalah sumber protein tanpa lemak yang sangat baik.

Baca Juga: 'Bukan Cuma Jago Ngurus Anak', Mona Ratuliu Puji Suaminya yang Ahli Bikin Telur Setengah Matang, Makanan Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

Mereka akan membuat rasa kenyang tanpa memasukkan terlalu banyak kalori, yang berguna jika ingin menurunkan berat badan.3. Membantu kekuatan tulang saat hamilProtein dalam telur rebus bekerja bersama vitamin D untuk mendorong perkembangan pranatal.Elemen-elemen ini mendukung gigi, tulang, dan pertumbuhan umum bayi selama kehamilan.4. Sumber kolinKolin adalah nutrisi yang mengatur otak, sistem saraf, dan kesehatan kardiovaskular.Ini membantu menjaga struktur membran sel otak, yang menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot.Bahkan, juga membantu wanita hamil dengan perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir.5. Bagus untuk mata, rambut, dan kuku

Baca Juga: Lebih Baik Nggak Makan Telur Seumur Hidup, Tolong Jangan Nekat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur, Ternyata Memancing Penyakit Ini Bersarang dalam Tubuh

Telur rebus sangat bermanfaat bagi mata.Makan satu kali sehari dapat mencegah degenerasi makula karena telur mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin.Mengonsumsi telur rebus juga dapat menurunkan risiko katarak.Mereka mengandung belerang tinggi dan merupakan sumber vitamin D yang baik.Bonusnya, telur rebus membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.(*)