Find Us On Social Media :

Ingin Perkuat Daya Tahan Tubuh? Orang Tua Bisa Konsumsi Makanan Ini

By Fathia Yasmine, Rabu, 30 Maret 2022 | 16:35 WIB

Ilustrasi orang tua

Grid.ID – Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Selain kasus positif harian yang masih terus mengalami fluktuasi, virus corona yang menjadi penyebab Covid-19 juga terus berkembang.

Melansir dari pemberitaan Kompascom, Jumat (4/2/2022), Ketua Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi mengatakan, Indonesia diperkirakan mulai memasuki gelombang ketiga Covid-19.

Hal ini ditandai dengan naiknya kasus harian yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir. Diketahui, kasus harian Covid-19 meningkat tajam hingga 11.000 sampai 17.000 kasus dalam sehari sejak pertengahan Januari 2022. Adapun peningkatan kasus positif disebabkan oleh merebaknya varian baru virus corona, yakni Omicron. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa orang tua menjadi kelompok rentan dan berisiko tinggi ketika terinfeksi virus corona. Kondisi ini disebabkan karena orang tua memiliki sistem imun yang tidak bekerja penuh layaknya ketika masih muda.

Baca Juga: Sempat Bikin Geger Warga, Polisi Sebut Benda Diduga Bom Dekat Balai Kota Solo Bukan Bahan Peledak

Oleh sebab itu, dalam beberapa kasus, infeksi Covid-19 tidak hanya mampu memicu risiko pneumonia tetapi juga komplikasi. Risiko ini bisa diperparah apabila orang tua memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Di tengah meningkatnya kasus infeksi harian, kamu perlu menjaga kesehatan anggota keluarga yang termasuk dalam kelompok lanjut usia (lansia) agar tidak mudah sakit.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Salah satunya, menjaga asupan gizi dan mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi orang tua setiap hari.

  1. Jeruk

Jeruk menjadi buah pertama yang wajib dikonsumsi rutin setiap hari. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh pada orang tua.

Baca Juga: Arti Mimpi Gigi Tumbuh Tak Perlu Dikhawatirkan, Konon Bakal Ada Sederet Rezeki Melimpah, Mulai dari Pekerjaan hingga Keluarga

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi dalam tubuh. Apabila jumlah sel darah putih cukup, tubuh akan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap infeksi.