Find Us On Social Media :

Bikin Syok Orangtua se-Indonesia, Cokelat Kinder Joy Akhirnya Ditarik Gegara Ahli Temukan Bakteri Ini, Jangan Sampai Anak-anak Makan!

By Devi Agustiana, Selasa, 12 April 2022 | 14:56 WIB

Kinder Joy ditarik dari pasaran karena mengandung bakteri salmonella.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Beberapa negara telah menarik produk cokelat Kinder Joy dari predaran, Indonesia pun melakukan hal serupa.

Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghentikan peredaran Kinder Joy untuk sementara waktu karena mengandung bakteri salmonella.

"BPOM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," tulis BPOM dalam keterangan resmi yang Grid.ID kutip dari Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

BPOM juga mengimbau masyarakat yang masih menemukan produk cokelat merek Kinder dan tidak terdaftar di BPOM, agar segera melaporkan ke BPOM melalui Contact Center HALOBPOM atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai/Loka POM di seluruh Indonesia.

Adapun keputusan ini berdasarkan diterbitkannya peringatan publik (Food Alert) oleh Food Standard Agency/FSA Inggris yang diikuti oleh sejumlah negara di Eropa, seperti Irlandia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Swedia.

Pada 2 April 2022, FSA Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid).

Efek samping yang terjadi dengan gejala ringan adalah diare, demam, dan kram perut.

Korban yang terdampak sebanyak 63 orang anak-anak, tapi tidak sampai menyebabkan kematian.

Baca Juga: 4 Hal yang WAJIB Kamu Hindari Saat Menyusui Kalau Nggak Mau Bayi Keracunan

Meskipun demikian, bakteri salmonella sama sekali tidak boleh dianggap sepele.

Dilansir Grid.ID dari Web MD, Salmonella adalah jenis bakteri yang paling sering dilaporkan sebagai penyebab penyakit terkait makanan di Amerika Serikat.