Find Us On Social Media :

Awas! Hati-hati Jika Muncul Tanda Ini, Bisa-bisa Jadi Sinyal Penderita Diabetes yang Tak Dianjurkan Menjalani Puasa Ramadan 2022, Simak Penjelasan Penting Ini dari Dokter

By Mahdiyah, Jumat, 15 April 2022 | 07:09 WIB

Ilustrasi puasa Ramadan 2022 untuk penderita diabetes.

Laporan Wartawan Grid.ID, Mahdiyah

Grid.ID - Semua umat Muslim tentu ingin menunaikan ibadah puasa Ramadan 2022 dengan lancar.

Begitupun dengan para penderita diabetes yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadan 2022 tahun ini.

Namun, perlu diketahui jika tak semua penderita diabetes bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan 2022.

Ya, dikutip Grid.ID dari TribunKesehatan pada Kamis (14/4/2022), dr Santi dari Medical Center Kompas Gramedia menjelaskan bahwa ada situasi di mana penderita diabetes tidak dianjurkan untuk menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Ia menjelaskan, bagi penderita diabetes yang tidak sedang merasakan gejala sakit, maka bisa menjalankan ibadah puasa.

"Ada beberapa penderita diabetes yang tidak dianjurkan berpuasa. Secara garis besar yang boleh berpuasa dianggap aman secara kesehatan berpuasa adalah sehat, tidak sedang sakit akut," ujarnya.

Namun, jika penderita diabetes mengalami beberapa tanda kurang sehat seperti pilek yang parah, batuk, hingga muntah, maka sebaiknya tidak melaksanakan ibadah puasa.

Tak hanya itu, ketika HbA1c sangat tinggi yaitu di atas 10, maka sebaiknya juga tidak melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga: Bukan Undang Nyinyir Apalagi Gosip, Tanaman Hias Lidah Mertua yang ini Justru Usir Jauh Penyakit Berbahaya Sekelas Diabetes hingga Kolesterol, Gimana Caranya?

Selain itu, dr Santi juga menyebutkan beberapa tanda lain yang menjadi sinyal jika sebaiknya penderita diabetes tidak menjalani ibadah puasa terlebih dahulu.

"Menjalani cuci darah, atau punya gangguan mental, daya ingat seperti pasien dimensia. Atau orang gula darah waktu puasa di atas 200. Bisa juga puasa kadar gula di bawah 70 saat berpuasa," jelasnya.