Find Us On Social Media :

'Masyarakat Jangan Jumawa' Tanggapan Tenaga Ahli KSP Soal Antibodi yang Sudah Dimiliki 99,2 Persen dari Populasi Masyarakat Indonesia

By Citra Widani, Jumat, 22 April 2022 | 07:13 WIB

Pemerintah melalui Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa 99,2 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Berdasarkan hasil sero survei, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menginformasikan bahwa 99,2 persen masyarakat Indonesia telah memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.

Antibodi ini diperoleh dari adanya vaksinasi dan juga dari masyarakat yang terpapar virus Covid-19 yang otomatis membentuk pertahanan tubuh.

"Bisa disampaikan kadar antibodi masyarakat Indonesia naik menjadi 99,2 persen."

"Artinya, 99,2 persen dari populasi masyarakat sudah punya antibodi."

"Minimal berasal dari vaksinasi maupun dari infeksi," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, Kamis (21/4/2022).

Ini adalah kabar bahagia untuk semua masyarakat tanah air, karena hal ini dapat mengisyaratkan bahwa Indonesia akan segera memasuki era endemi.

Walau begitu, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menegaskan bahwa kemungkinan virus menyebar masih sangat tinggi.

Belum lagi jika terdapat lansia yang memiliki komorbid dan belum divaksin, maka tingkat penyebarannya akan semakin tinggi.

Oleh karenanya, pemerintah terus menghimbau agar masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatan sehingga mampu menghentikan penyebaran.

Baca Juga: Imbas dari Lockdown, Harga Mi Instan di Shanghai Nyaris Tembus Rp 1 Juta Per Kardus

Sedangkan bagi yang merasakan beberapa gejala Covid-9 seperti tenggorokan sakit hingga batuk dan demam, maka dapat melakukan pemeriksaan.